ITB Bantu Maba Adaptasi dengan Training

oleh -7 views
Logo Institut Teknologi Bandung
Arrief Ramdhani
Logo Institut Teknologi Bandung
Logo Institut Teknologi Bandung

MASA transisi dari bangku sekolah menuju bangku kuliah bukanlah saat-saat yang mudah. Mahasiswa baru bisa bertahan di proses transisi dengan bantuan dari kampus melalui proses orientasi yang mumpuni.
Hal inilah yang dilakukan Institut Teknologi Bandung (ITB). Melalui Lembaga Tahap Persiapan Bersama (LPTB), ITB mengadakan pelatihan motivasi bertajuk “Strategi Menggapai Sukses Pribadi” sebagai bagian awal dari program pengembangan karakter mahasiswa.

Melalui pelatihan motivasi ini, mahasiswa baru yang berada pada fase transisi dari remaja menjadi dewasa muda dilatih agar dapat mengenal dirinya sendiri dengan baik. LPTB membantu membimbing mahasiswa baru dalam menemukan jati diri agar siap menghadapi dunia perkuliahan.

“LPTB bertujuan mengenalkan kehidupan dan budaya kampus yang tentunya berbeda dengan masa SMA. Kehidupan kampus di sini sangat dinamis. Mahasiswa baru tidak hanya diperkenalkan ilmu kognitif tapi juga bagaimana mereka mengembangkan dirinya sendiri,” kata Ketua Pelaksana pelatihan motivasi Lulu L Fitri, seperti disitat dari situs ITB, Jumat (22/8/2014).

Kegiatan pelatihan itu diisi oleh dosen-dosen yang berasal dari hampir seluruh jurusan di ITB, dengan materi khas institusi tersebut. Mahasiswa baru dibagi menjadi hampir 70 kelas dengan seorang fasilitator yang berasal dari dosen, serta co-fasilitator dari mahasiswa ITB.

Menurut salah seorang Staf Acara, yakni Ridwan Reza, menunjuk mahasiswa senior sebagai co-fasilitator bertujuan agar penyampaian materi lebih luwes dengan tambahan contoh-contoh budaya kampus. “Co-fasilitator yang juga mahasiswa diharapkan agar lebih dekat dengan mahasiswa baru 2014,” tutur Ridwan.

Acara tersebut mendapat respon positif dari para mahasiswa baru. Ghifari Dwi, misalnya. Mahasiswa Fakultas Teknologi Industri itu menilai, kegiatan tersebut membantu mahasiswa baru sepertinya untuk lebih mengenal dunia kampus.

“Trainingnya seru, materi yang disampaikan adalah pelajaran kehidupan yang bisa langsung diadaptasikan ke kehidupan sehari-hari. Selain itu training ini sangat dibutuhkan bagi mahasiswa baru seperti saya agar terus termotivasi ke depannya,” ungkap Ghifari.(kampus.okezone.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.