ITB bakal buka subkampus di Palu

oleh -8 views
Kampus ITB
Arrief Ramdhani
Kampus ITB
Kampus ITB

SEKOLAH Menegah Kejuruan Negeri (SMKN) 3 Palu mendapat tawaran kerja sama dari Institut Teknologi Bandung (ITB) untuk membuka subkampus program Diploma I guna mencetak tenaga-tenaga terampil berkualifikasi ahli pratama yang siap masuk lapangan kerja.
Kepala SMKN 3 Palu Triono di Palu, Selasa mengemukakan pihaknya sudah bertemu dengan pejabat Rektorat ITB di Bandung belum lama ini dan telah mencapai beberapa kesepakatan yang akan dituangkan dalam nota kesepahaman (MoU) yang diharapkan segera ditandatangani.

Bentuk kerja sama tersebut adalah, ITB akan membuka subkampus di SMKN 3 Palu untuk pendidikan Diploma I Teknologi Informatika jurusan Teknologi Komputer Jaringan.

“Ini pendidikan program diploma, bukan kursus. Jadi, lulusanya nanti selain siap bekerja dengan kualifikasi ahli pratama, mereka juga bisa melanjutkan ke program D-2 atau D-3 di perguruan tinggi lain sementara D-4 bisa kembali ke ITB lagi,” ujar Triono.

ITB akan menjadi penanggung jawab pelaksana kurikulum berbasis pendidikan vokasi berkelanjutan (PVB) yang sebagian praktik belajarnya menggunakan sistem belajar jarak jauh. Sementara SMKN 3 akan menyiapkan sarana belajar seperti sebuah ruangan dan fasilitas belajar jarak jauh.

SMKN 3, kata Triono, siap untuk memenuhi permintaan ITB tersebut, karena sekolah teknik kejuruan terkemuka di Sulawesi Tengah itu sudah memiliki sarana dan prasarana untuk mendukung kerja sama tersebut. Bahkan pihaknya juga memiliki beberapa tenaga pengajar lulusan program S2 dari ITB.

Dalam tahap pertama, subkampus ITB di SMKN 3 Palu ini akan menerima mahasiswa untuk satu kelas yakni sekitar 35 orang. Calon mahasiswanya tidak terbatas pada lulusan SMKN3 saja tetapi juga dari SMK bahkan SMU lainnya.

“Kalau tidak ada aral melintang, program ini diharapkan akan dimulai pada awal tahun akademik 2013/2014,” kata Triono.(antaranews.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.