Iptek dan Inovasi Perguruan Tinggi Harus Miliki Daya Saing

oleh -2 views
Ilustrasi
Arrief Ramdhani
Ilustrasi
Ilustrasi

PENGEMBANGAN iptek dan inovasi sebagai ujung tombak Perguruan Tinggi harus memiliki daya saing tinggi dan unggul. Lewat kegiatan inilah, diharapkan semakin menumbuhkan kesadaran dan pemanfaatan ilmu dan teknologi tepat guna, salah satunya melalui sistem informasi akademik.

Harapan itu disampaikan Rektor Ubhara Jaya Irjen Pol (Purn) Drs. Bambang Karsono, SH.,MM pada kegiatan kuliah umum peringatan  Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (HAKTEKNAS) ke 21, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya (Ubhara Jaya), yang mengambil tema “Perkembangan  Teknologi Baru di Bidang Sekuriti”Rabu (10/8).”Jangan bermimpi sejajar dengan universitas unggulan nasional tanpa upaya memanfaatkan teknologi informasi,” katanya.

Guru Besar ITB Prof. Dr. Ir.Deddy Kurniadi yang tampil sebagai pembicara menyebutkan Indonesia memiliki potensi besar memanfaatkan berbagai teknologi, sayangnya itu tidak diikuti dengan tingginya penciptaan teknologi di dlaa negeri. Sebagian besar teknologi datang dari luar negeri.

Kondisi demikian timbulkan ketergantungan teknologi luar  negeri. Deddy berharap agar para civitas akademika Ubhara Jaya terus berinovasi dalam bidang Iptek.

Dekan Fakultas Teknik Industri ITB itu juga memaparkan tentang penemuan teknologi dan Instrumentasi Tomografi untuk inspeksi dan pemeriksaan. Teknologi ini banyak dimanfaatkan  pada berbagai bidang sebagai bagian dari Indikasi dan pemantauan serta sebagai pengontrol dan pengendali.

Menurutnya, sangat penting Indonesia menciptakan dan mengembangkan inovasi teknologi sendiri. “Kegiatan seperti  ini jangan hanya dijadikan sebagai peringatan saja, tetapi menjadi penyemangat untuk bangkit dan menjadi tuan di negeri sendiri,” tuturnya.( republika.co.id)