IPB Siap Jadi Tuan Rumah Pimnas 2016

oleh -9 views
Kampus IPB di Dramaga, Bogor, Jawa Barat.
Arrief Ramdhani
Kampus IPB di Dramaga, Bogor, Jawa Barat.
Kampus IPB di Dramaga, Bogor, Jawa Barat.

INSTITUT Pertanian Bogor (IPB) akan menjadi lokasi penyelenggaraan Pekan Ilmiah Nasional (Pimnas) 2016. Hal ini merupakan kali kedua IPB bertindak sebagai tuan rumah setelah sebelumnya pada Pimnas pertama 1987.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan IPB, Profesor Dr Yonny Koesmaryono mengatakan, Pimnas ke-29 tersebut akan digelar pada 7-12 Agustus 2016. Sebanyak 440 tim program kreativitas mahasiswa (PKM) yang lolos Pimnas dari seluruh Indonesia akan bekumpul di Kampus IPB Dramaga.

banner 728x90

“Ini adalah kesempatan kedua IPB menjadi tuan rumah. Pertama kali IPB menjadi tuan rumah yakni Pimnas ke-1 tahun 1987. Setelah beberapa puluh tahun, kesempatan itu hadir lagi,” tuturnya dinukil dari laman IPB, Selasa (12/4/2016).

Dia menjelaskan, setiap tahunnya Pimnas diselenggarakan secara bergantian di perguruan tinggi yang berada di Pulau Jawa dan Luar Pulau Jawa. Para peserta terdiri atas tim yang beranggotakan tiga sampai lima orang dan harus bersaing dengan puluhan ribu tim lain untuk mendapatkan dana kegiatan dan menghasilkan karya terbaik.

“IPB akan menonjolkan kreativitas dan inovasi mahasiswa dengan mengedepankan kompetisi yang jujur dan adil,” paparnya.

Saat ini, lanjut Yonny, Pimnas terbagi dalam beberapa bidang PKM yakni penelitian, kewirausahaan, pengabdian kepada masyarakat, penerapan teknologi, dan penulisan ilmiah. Selain itu ada juga PKM Artikel Ilmiah dan PKM Gagasan Tertulis. Guna memotivasi para peserta, pihak IPB juga berencana mengundang 20 tim PKM yang mendapatkan pendanaan tapi tidak lolos Pimnas untuk hadir.

“Dari analisis kami, beberapa kompetisi membuat semangat kekeluargaan itu hilang. Nah, ini yang ingin kita bangun karena budaya scientific itu universal. Satu sama lain itu saling mendukung keilmuannya. Untuk tingkatkan kebersamaan, akan digelar salat Subuh berjamaah, olahraga bersama, panggung kreativitas dan seni, social gathering di asrama serta tukar kado kecil antarpeserta,” tambahnya. (news.okezone.com)