IPB-Korsel Bangun Laboratorium Alga

oleh -3 views
Kampus IPB di Dramaga, Bogor, Jawa Barat.
Arrief Ramdhani
Kampus IPB di Dramaga, Bogor, Jawa Barat.
Kampus IPB di Dramaga, Bogor, Jawa Barat.

BEKERJASAMA dengan Research Institute Science and Technology Korea Selatan, yakni Rist Posco, Institut Pertanian Bogor (IPB) membangun laboratorium dan raceway pond. Fasilitas yang berlokasi di Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Jawa Barat itu akan dimanfaatkan untuk sarana penelitian, pendidikan, serta produksi biomassa mikroalga skala semi massal.
Dosen Ilmu dan Teknologi Kelautan (ITK) Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan FPIK IPB Mujizat Kawaroe menyebut, raceway pond yang dibangun melalui kerjasama tersebut adalah yang pertama di Indonesia.

“Kerjasama ini sangat penting bagi IPB, karena ini adalah kolam pertama model raceway pond di Indonesia,” ujar Mujizat, seperti dikutip dari siaran pers IPB yang diterima Okezone, Rabu (28/8/2013).

Peneliti mikroalga itu berharap, pemilihan lokasi pembangunan kolam model raceway pond di Pelabuhan Ratu dapat meningkatkan pertumbuhan, kandungan minyak, dan juga produktivitas mikroalga. Sebab, lanjutnya, sinar matahari di Pelabuhan Ratu merupakan yang terpanas kedua setelah California.

Sementara itu, Dekan FPIK Indra Jaya mengatakan, kerjasama ini sejalan dengan visi IPB menjadi perguruan tinggi bertaraf internasional. Apalagi, tambah Indra, FPIK berperan serta dalam menyiapkan kebutuhan energi alternatif di masa depan.

“Kita harus mengintensifkan kerjasama internasional, dengan seperti itu akan memicu perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Untuk FPIK IPB ini adalah salah satu komoditas masa depan, khususnya di dalam menyiapkan kebutuhan energi alternatif,” imbuh Indra.

Menurut Indra, mikroalga memiliki banyak manfaat. Selain untuk energi alternatif, mikroalga ternyata juga dapat digunakan untuk food suplemen dan pakan.

Laboratorium tersebut diresmikan oleh Wakil Rektor Bidang Riset dan Kerjasama IPB Anas M Fauzi dan Vice President of Rist Posco Korea Dr. Hee Dong Chun, didampingi team leader dan Dekan FPIK IPB. Laboratorium tersebut akan mengerjakan beberapa aktivitas di antaranya adalahculturing, mengeringkan, menimbang, dan mengekstrak minyak.(kampus.okezone.com)

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.