IPB Bermimpi Jadi Garda Depan Kemandirian Pangan RI

oleh -4 views
Kampus IPB di Dramaga, Bogor, Jawa Barat.
Arrief Ramdhani
Kampus IPB di Dramaga, Bogor, Jawa Barat.
Kampus IPB di Dramaga, Bogor, Jawa Barat.

BERBICARA mengenai pangan di Indonesia, selalu menjadi topik hangat. Bagaimana tidak, bahan pokok yang sangat diperlukan untuk kelangsungan hidup manusia semakin menipis persediaannya.
Berangkat dari permasalahan ini, Dewan Pengurus Pusat (DPP) Himpunan Alumni (HA) Institut Pertanian Bogor (IPB) mengadakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) bertema “Satu Hati Satu IPB, Bersama Menuju Kemandirian Pangan”.

DPP HA IPB pun ditantang untuk kembali mewujudkan kemandirian pangan bagi masyarakat Indonesia. Apalagi saat ini Indonesia mengalami peningkatan jumlah penduduk yang sangat besar, sehingga dibutuhkan kemampuan untuk menyediakan sumber pangan yang mencukupi.

banner 728x90

“IPB yang didapuk sebagai perguruan tinggi terkemuka di bidang pertanian se-Asia Tenggara ini berupaya untuk menjadi garda terdepan dalam mewujudkan kemandirian pangan di negeri ini,” demikian dikutip Okezone, dalam siaran persnya, Jumat (8/11/2013).

Dengan demikian, DPP HA IPB memantapkan penyiapan agenda Desain Pertanian Indonesia 2045. Sejumlah program kerja juga menjadi langkah yang kini dilakukan DPP HA IPB, yaitu konsolidasi organisasi dan penguatan jejaring alumni.

“Keduanya merupakan bentuk nyata untuk mewujudkan misi-misinya yakni fokusnya DPP HA IPB dalam pengelolaan website HA IPB dan pembuatan kartu alumni,” bunyi keterangan tersebut.

Rapat kerja yang dihadiri oleh seluruh pengurus DPP, DPD, DPK dan Ketua Angkatan ini mengusung visi yaitu supaya HA IPB menjadi organisasi yang solid dan bermanfaat untuk alumni, almamater dan masyarakat luas. Sementara misinya yaitu membangun komunikasi, interaksi dan jejaring yang kuat antara Alumni dan HA IPB serta meningkatkan peran, pengabdian dan pemberdayaan alumni IPB untuk kemajuan bangsa.

Visi dan misi tersebut demi mengembalikan Indonesia sebagai negara agraris yang mampu berdiri diatas kaki sendiri. Beberapa tahun lalu, Indonesia berhasil mencapai swasembada pangan dan prestasi yang diakui secara luas oleh masyarakat dunia.(kampus.okezone.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.