Inovasi Anak Bangsa Terus Dilindungi

oleh -5 views
Ilustrasi (kerlip07bintang.blogspot.com)
Arrief Ramdhani
Ilustrasi (kerlip07bintang.blogspot.com)
Ilustrasi (kerlip07bintang.blogspot.com)

KEMENTERIAN Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) menjamin semua inovasi anak bangsa yang bermanfaat untuk masyarakat luas dilindungi pemerintah.

Direktur Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kemristekdikti Muhammad Dimyati, mengemukakan, pemerintah tidak ingin para peneliti muda Indonesia yang berbakat pindah ke luar negeri karena menganggap karyanya tidak dihargai oleh negara.

banner 728x90

“Sebagai contoh kasus Dr. Warsito beberapa waktu lalu, di mana kami datang dan menyatakan dukungan. Kami ingin menunjukkan pemerintah ada untuk inovasi-inovasi seperti itu,” kata Dimyati.

Dimyati merujuk pada Dr. Warsito Purwo Taruno, pria pengembang teknologi 4D Brain ECVT yang dapat mendeteksi sumber kejang pada penyakit epilepsi hingga tumor pada payudara. Dr Warsito mengkritik pemerintah, dalam hal ini Kementerian Kesehatan, karena ingin menutup klinik riset kanker miliknya. Padahal, penemuannya itu sudah diakui di dunia dan bahkan telah digunakan oleh beberapa negara.

“Inovasi Warsito itu luar biasa, mengarah pada komunikasi antarotak (“brain to brain communication“). Akan tetapi memang agak bermasalah karena menyinggung banyak disiplin ilmu,” ujar Dimyati.

Dia melanjutkan, Kemenristekdikti saat ini terus memantau inovasi-inovasi peneliti dalam negeri yang berpotensi untuk dikembangkan lebih jauh. Meski tidak memiliki data pasti, pemerintah sudah mendapatkan informasi dari banyak pihak mengenai hal tersebut.

“Kami sudah mendapatkan berbagai masukan. Selain melindungi inovasi dalam negeri, kami juga berusaha memanggil pulang ilmuwan Indonesia berbakat dari luar negeri untuk mengembangkan riset nasional,” tutur Dimyati.(news.okezone.com)