Ini Komitmen Kemenpora Tentang Gerakan Pramuka di Indonesia

oleh -5 views
Ilustrasi (berita.upi.edu)
Arrief Ramdhani
berita.upi.edu
berita.upi.edu

KEMENTRIAN Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) berkomitmen mendorong gerakan pramuka di tanah air. Hal itu dilakukan gun menggali sejumlah potensi yang ada di setiap saka kepramukaan.

Kepala bidang program asisten deputi  kepanduan deputi bidang pengembangan pemuda Kemenpora M Wahyudi menuturkan, Kemenpora menjadi leading sektor dari sisi pemerintah untuk memfasilitasi kegiatan pramuka sesuai dengan UU No12 tahun 2010 tentang gerakan pramuka.

“Kita mendorong dengan memfasilitasi, termasuk dalam penyediaan anggarannya. Tentunya kegiatan tersebut eksekusinya menjadi domain pramuka,” kata Wahyudi di sela rapat sinergi lintas pemangku kepentingan pramuka dalam rangka akselerasi revitalisasi gerakan pramuka di Hotel Verona Palace, Jalan Surya Sumantri Bandung, Senin (28/4/2014).

Lebih lanjut dia mengatakan bahwa kegiatan tersebut dilakukan untuk memfasilitasi kegiatan pramuka di seluruh kesakaan, yang terdiri dari 11 saka.

“Dalam kegiatan ini, kita meminta setiap saka memaparkan program dan potensinya masing-masing. Dengan begitu, setiap saka bisa saling bersinergi menghasilkan suatu potensi,” kata Wahyudi.

Dia mencontohkan Saka Bumi yang bergerak di bidang pertanian. Saka tersebut berpotensi besar dikembangkan. Itu pula lah yang bisa disinergikan dengan potensi yang ada di saka lain.

Tidak hanya itu, menurutnya saat ini gerakan pramuka kurang mendapat perhatian, bahkan masyarakat pun mulai kurang peduli dengan pramuka. Atas dasar itulah Kemenpora terus berupaya mendorong gerakan pramuka agar bisa meningkatkan gairah kepanduan itu.

“Mudah-mudahan 2015 mendatang akan ada suatu program yang bisa memfasilitasi seluruh saka,” harapnya.(fokusjabar.com)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.