Indonesia tidak boleh minder ciptakan gagasan

oleh -2 views
kemdikbud.go.id
Arrief Ramdhani
kemdikbud.go.id
kemdikbud.go.id

MENTERI Pendidikan dan Kebudyaan Mohammad Nuh mengatakan Indonesia tidak boleh merasa rendah diri atau minder untuk menciptakan gagasan yang bersifat mendunia.
“Kita tidak boleh minder menciptakan gagasan yang berdampak pada dunia,” ujar Mendikbud saat penutupan World Culture Forum di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali, Selasa.

Dia mengatakan Indonesia telah berhasil menggagas pertemuan budaya tingkat dunia untuk pertama kalinya yang berlangsung sukses.

“Dengan suksesnya penyelenggaraan WCF ini, maka hendaknya dijadikan momentum untuk membangkitkan rasa percaya diri,” jelas dia.

Mendikbud menambahkan WCF diselenggarakan bermula dari ide Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 2005. Kegiatan tersebut, lanjut dia, akan dilangsungkan rutin satu kali dalam dua tahun.

“Indonesia tetap menjadi tuan rumah, namun boleh tuan rumah pendamping,” kata dia.

WCF diselenggarakan untuk pertama kalinya pada 24 hingga 27 November 2013, dengan mengangkat tema budaya sebagai kekuatan dalam pembangunan yang berkelanjutan.

Forum itu dihadiri 800 peserta yang berasal dari 45 negara serta dihadiri 17 menteri negara sahabat.

WCF bertujuan untuk mempromosikan budaya tidak hanya sebagai elemen konektivitas sosial, tetapi juga menjadi salah satu hal penting untuk memperkuat globalisasi.

Dalam forum tersebut, juga ditandatangani pernyataan bersama antara Indonesia dan China di bidang kebudayaan.(antaranews.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.