Indeks Pendidikan Indonesia Naik, Kemdikbud Terus Fokuskan Capaian Program

oleh -10 views
kemdiknas.go.id
Arrief Ramdhani
kemdiknas.go.id
kemdiknas.go.id

THE Education for All Development Index (EDI) atau Indeks Pendidikan untuk Semua menunjukkan Indonesia menempati peringkat 64 dari 120 negara tahun 2012. Hal ini menunjukkan adanya kenaikan yang baik dari peringkat 69 dari 127 negara pada tahun 2011.

Guna lebih meningkatkan indeks tersebut, pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) melalui berbagai upaya. Di antaranya adalah terus melanjutkan sosialisasi program kegiatan melalui koordinasi nasional: penyempurnaan Forum Koordinasi Nasional (Forkonas) PUS; penyusunan, penerbitan, dan penyebarluasan naskah best practice dan naskah success story PUS; penyusunan laporan PUS dan laporan EDI tingkat provinsi dan nasional; mengikuti pertemuan PUS tingkat regional dan internasional; dan kegiatan lainnya yang relevan.

Sementara itu untuk program 2013 lebih difokuskan pada peningkatan capaian program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Pendidikan Kecakapan Hidup (PKH), dan peningkatan mutu pendidikan.

Adapun indikator EDI yaitu:
1. Total Angka Partisipasi Murni (APM) pendidikan dasar (Total Primary NER)
2. Rasio Keaksaraan Orang Dewasa (Total Adult Literacy Rate)
3. Indeks Gender (Gender-specific EFA Index)
4. Rasio bertahan sampai kelas 5 sekolah dasar (survival rate to grade 5)

Kemajuan pelaksanaan program PUS setiap tahunnya terus dimonitor oleh UNESCO dan dilaporkan hasilnya kepada seluruh anggota UNESCO melalui EFA Global Monitoring Report.(kemdiknas.go.id)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.