Ilmuwan Muda Indonesia Bakal Sapu Bersih Medali Emas

oleh -4 views
Ilustrasi
Arrief Ramdhani
edukasi.kompas.com
edukasi.kompas.com

SEBANYAK 12 ilmuwan muda Indonesia menargetkan sapu bersih medali emas dalam ajang International Conference of Young Scientists 2013 di Sanur Bali, 15-22 April. President of Local Organizing Committee ICYS 2013, Monika Raharti, optimistis tim Indonesia mampu memenuhi target tersebut karena kualitasnya tak kalah dengan negara lain.
“Peluang bagus, kekuatan di ide penelitian bagus-bagus, dan mencari solusi di problem riset, mereka juga orisinal,” ujar Monika saat konferensi pers di Hotel Bali Beach Sanur, Denpasar, Selasa (16/4/2013).

Saingan terberat Indonesia di setiap bidang yang dilombakan berbeda-beda. Untuk bidang komputer, ilmuwan muda dari Serbia cukup diperhitungkan, sementara untuk Matematika selama ini Rusia dan Georgia mendominasi.

“Life Science (biasanya) Belanda, kalau Fisika itu Jerman,” jelas Monika.

Meski memiliki saingan berat, Monika mengaku optimistis bahwa ilmuwan-ilmuwan muda terbaik dari 12 provinsi tersebut mampu berbicara banyak di ajang ini.

Seperti diberitakan, 133 ilmuwan muda dari 26 negara akan adu cerdas di Bali dalam ajang ICYS 2013. Tahun ini Indonesia kembali dipercaya menjadi tuan rumah untuk kedua kalinya setelah tahun 2010. Dalam ajang ini, ada enam kategori yang dipertandingkan, yaitu Teori Fisika, Praktik Fisika, Matematika, Komputer, Ekologi, dan Life Science.(edukasi.kompas.com)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.