Ilmu Sains Indonesia Masih Kalah dari China & Taiwan

oleh -3 views
Ilustrasi
Arrief Ramdhani
Ilustrasi
Ilustrasi

ILMU sains di Indonesia dinilai kalah bila dibandingkan dengan China dan Taiwan. Fasilitas penelitian di Indonesia pun belum menunjang ilmu sains yang dikembangkan.
Berangkat dari sana, Pendiri Surya Institute dan Surya University Prof. Yohanes Surya, Ph.D menyatakan jika sistem pembelajaran di Indonesia tidak efektif. Kendati dirinya tidak menampik jika beberapa universitas di Indonesia sudah bagus dan terfasilitasi.

“Seperti beberapa universitas ilmu sains yang ada di Indonesia yang cukup bagus malah pengajarnya yang jelek. China dan Taiwan merupakan universitas dengan ilmu Sains yang bagus,” imbuhnya, di Jakarta, Rabu (12/6/2013).

Kendati universitas di Indonesia bagus, namun stakeholdernya, yakni guru dan dosen belum dinilai bagus karena tidak ditunjang oleh fasilitas. “Indonesia harus dilengkapi dengan laboratorium untuk penelitian.

Maka dari itu, lanjut dia, banyaknya jumlah ilmuwan Indonesia yang berada di luar negeri sangat susah untuk diajak pulang ke Indonesia. Mereka susah diajak pulang ke Tanah Air karena fasilitas pekerjaan sebagai seorang ilmuwan sangat memadai.

“Ilmuan kita banyak banget di luar negeri, kita susah manggil dia pulang ke Indonesia untuk mengontribusikan ilmunya untuk penerus bangsa. Harus ada laboratorium untuk tempat mereka bekerja,” tutupnya.(kampus.okezone.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.