IKMA Unla, Kembangkan Dakwah Kampus

oleh -8 views
Kampus Universitas Lalangbuana
Arrief Ramdhani
Kampus Universitas Lalangbuana
Kampus Universitas Lalangbuana

WABAH demoralisasi telah merasuki sendi-sendi kehidupan. Tak terkecuali kawasan pendidikan dan mahasiswa. Melalui Unit kegiatan mahasiswa, lembaga dakwah kampus Ikatan mahasiswa Al-Ikhlas (IKMA) Universitas Langlangbuana (Unla) ingin mencoba jadi bagian dari solusi atas wabah perusak moral itu.
Pagi itu, suasana masjid lantai dua Unla berukuran sekitar 4 x 6 meter dipenuhi beberapa mahasiswa. Beberapa di antara mereka ada yang terlihat mengerjakan tugas kuliah, membaca buku, mengaji dan ada yang salat duha.

Di sampingnya, terselip bangunan tak terlalu besar, tak lebih dari ukuran masjid tadi. Sepintas mirip kamar mandi pintu masuk ruangan itu. Namun siapa sangka, di ruangan itulah para mahasiswa remaja masjid itu berkumpul. Mereka membuat konsep gerakan, lalu mengaplikasikannya dalam sebuah gebrakan.

“Kami ingin memberikan warna pada kehidupan mahasiswa,” singkat Ketua IKMA Unla, Febi, saat ditemui INILAH, Senin (18/11/2013). Dia bersama rekan-rekannya tampak serius mempersiapkan acara nonton film bersama dan bedah buku, sekitar dua pekan lagi.

Warna yang dia maksud adalah karakter mahasiswa Unla khususnya beragama Muslim, agar menyadari peranannya sebagai pemuda islam yang punya tanggung jawab besar melakukan perubahan.

Mahasiswa muslim yang mengetahui peranan dan jati dirinya itu, akan mewujudkan lingkungan yang kondusif, iklim belajar dan pengembangan diri dinamis. Yang terpenting lagi, jauh dari wabah demoralisasi.

Selain itu, jelas mahasiswi Pendidikan Matematika FKIP Unla tahun 2012 ini, melalui gerakan IKMA-nya dia ingin mewujudkan karakter mahasiswa Muslim berprestasi secara duniawi dan ukhrawi.

“Dalam hal prestasi akademiknya unggul, sosial kemahasiswaan juga tak kalah. Bersama itu, ruh spirit islam tidak hilang, itu yang menjadi ciri khasnya,” terangnya.

Dia menjelaskan, kesalehan yang menjadi target setiap insan bukanlah kesalehan pribadi. Karena kesalehan itu, katanya, tak bisa sendirian. Seperti dua sisi mata uang yang tidak dapat dipisahkan, kesalehan pribadi dan sosial.

“Makanya dalam Surah Al-Asri juga diperintahkan untuk saling menasihati dalam kebaikan dan kesabaran,” jelasnya penuh semangat.

Rekan Febi, Vina yang menjabat sebagai sekretaris IKMA Unla menambahkan, melalui UKM yang dihuninya itu, dia ingin membangun jaringan ukhuwah Islamiah yang erat. Lewat UKM itu, Vina bersama anggotanya ingin saling berbagi, mengisi, menasihati, memotivasi dan memberi arti.

“Pokoknya di sini kita saling belajar, belajar untuk menjadi baik. Tak peduli apakah dia sudah jago baca Alquran atau tidak bisa sekalipun, apakah dia belum berjilbab, atau masih suka dugem. Yang penting, gabung di sini, kita sama-sama saling belajar untuk menjadi pribadi yang baik,” bebernya bangga.

Vina menjelaskan, guna mewujudkannya, UKM tersebut memiliki sejumlah program yang menarik. Sebut saja klub belajar, diskusi, BarBe-Q alias bareng-bareng belajar Alquran, leadership camp, rihlah, wisata buku, dan banyak lagi.

“Kegiatan kita nggak ngaji melulu dalam masjid. Ngaji dan belajar itu bisa di mana saja dan format kegiatan apa saja, yang penting maknanya,” tandasnya.(inilahkoran.com)

12 thoughts on “IKMA Unla, Kembangkan Dakwah Kampus

  1. Ping-balik: cats having fun
  2. Ping-balik: Quality engineering
  3. Ping-balik: why not look here
  4. Ping-balik: 원샷홀덤

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.