Ide Kembangkan UKM Antar Rektor UNS Raih Anugerah Satya Lencana

oleh -2 views
Universitas Sebelas Maret
Arrief Ramdhani
Logo Universitas Negeri Surabaya
Kampus Universitas Sebelas Maret

KENDATI Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta Prof Dr. Ravik Karsidi MS telah menerima penghargaan Satya Lencana Pembangunan dari Presiden SBY atas komitmennya dalam pengembangan koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), namun hingga saat ini Ravik mengaku tidak tahu jasa apa yang telah diberikan kepada negara.
“Hingga saat ini saya tidak tahu jasa apa yang telah saya berikan kepada Negara. Saat ini saya hanya bisa meraba-raba, mungkin bertitik tolak dari ide Bussines Development Services (BDS) dalam konteks pengembangan UKM,” ujar Ravik saat ditemui wartawan perihal penghargaan Satya Lencana Pembangunan yang diterimanya, di ruang Rektor UNS, Solo, Jawa Tengah, Senin (15/7/2013).

Munculnya istilah BDS Indonesia memang tidak terlepas dari peran UNS khususnya peran Ravik Karsidi yang saat itu di 2001 sebagai Ketua Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM) telah membentuk BDS LPM UNS sebagai embrio atau uji coba berdirinya BDS di Indonesia.

Lebih lanjut, ia memaparkan bahwa saat didirikan BDS LPM UNS bekerjasama dengan Kementerian Koperasi melakukan pendampingan klaster dengan program Modal Awal Padanan (MAP) pada Sentra kayu Bulakan di kabupaten Sukoharjo Jawa Tengah dan Sentra Kerajinan Kayu Growong di Mantingan Kabupaten Ngawi, Jawa Timur.

“Saat itu kami memberi layanan mulai dari layanan informasi, layanan konsultasi, layanan pelatihan, penelitian, fasilitasi penyelenggaraan kontak bisnis, fasilitasi dalam perluasan pasar, fasilitasi dalam memperoleh permodalan, fasilitasi dalam pengembangan organisasi dan manajemen, fasilitasi dalam pengembangan teknologi dan fasilitasi dalam pengembangan teknologi,” jelasnya.

Perkembangan selanjutnya, menurut Ravik, adalah berdirinya asosiasi BDS di Indonesia. Berdirinya asosiasi BDS Indonesia didorong semangat perlu percepatan pengembangan UKM di Indonesia.

“Itulah sekilas kemungkinan yang menjadi salah satu kenapa saya menerima penghargaan Satya Lencana Pembangunan. Saat penyampaian penghargaan itu, saya adalah satu-satunya yang berasal PTN,” pungkasnya.(kampus.okezone.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.