HMG Unpad Selenggarakan Lomba Kebumian bagi Pelajar SMA

Wednesday 25 September 2013 , 0:35 AM

earth-1

KEGIATAN Earth (Education and Art with HMG Unpad) yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Geologi (HMG) Universitas Padjadjaran dan BEM Fakultas Teknik Geologi Unpad baru saja selesai dilaksanakan. Kegiatan ini merupakan Lomba Kebumian antar SMA se-Bandung Raya dengan menambahkan unsur seni di dalamnya.

Lomba yang diselenggarakan antara lain lomba cerdas cermat, poster, dan majalah dinding (mading). Lomba poster dan mading ini bertema tentang isu-isu bumi yang sedang hangat dibicarakan sepertiglobal warming, save the earth, save the future, dan lain sebagainya. Sedangkan lomba cerdas cermat bertemakan ilmu geologi. Sebelum lomba berlangsung, peserta terlebih dahulu diberikan materi oleh panitia agar peserta memiliki gambaran tentang apa dan seperti apa ilmu geologi ini.

Pada hari pertama kegiatan yang berlangsung di Pusat Studi Bahasa Jepang, FIB Unpad Jatinangor, diisi dengan perlombaan poster, mading, dan cerdas cermat. Pada hari kedua, kegiatan berlangsung di Museum Geologi yang diisi dengan fun trip sekaligus menjelaskan tentang ilmu geologi seperti jenis-jenis batuan yang ada di bumi, fosil-fosil, skala waktu geologi, ilmu tentang kebencanaan, ilmu geologi kaitannya dengan ilmu lain, dan proses keterbentukan bumi dari zaman ke zaman. Pada hari kedua ini juga diumumkan pemenang dari setiap cabang lomba.

Pada kegiatan Earth ini, Juara I Cerdas Cermat diraih oleh SMAN 1 Lembang, sementara Juara II diraih oleh SMAN 3 Bandung. Sementara itu untuk Lomba Mading, Juara I diraih oleh SMAN 6 Bandung dan Juara II diraih oleh SMAK Yahya Bandung. Untuk kategori Poster, Juara I diraih oleh SMAK Yahya Bandung dan Juara II diraih oleh SMAN 21 Bandung.

Dalam rilisnya disebutkan bahwa acara ini menjadi ajang promosi Fakultas Teknik Geologi kepada pelajar SMA tentang ilmu kebumian, khususnya ilmu geologi, mengingat bahwa geologist di Indonesia masih sangat kurang dan diperlukan regenerasi. Acara lomba Earth ini mendapat respon positif dari para peserta terbukti dengan banyaknya peserta yang cukup antusias dan menjadi semakin tertarik dalam bidang geologi.(unpad.ac.id)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.