Hindari Kerumunan, Bubos 2021 Gunakan Teknologi Informasi

oleh -22 views
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Jabar Setiaji saat memberi preview Bubos 2021 pada acara Jabar Punya Informasi di Gedung Sate Bandung, Jumat (16/4/2021). (Foto: Yogi P/Biro Adpim Jabar)

BANDUNG, Siapbelajar.com — Buka Bersama on the Screen (Bubos) di Jawa Barat  tahun ini digelar berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena masih dalam situasi pandemi COVID-19.”Untuk menghindari kerumunan dalam jumlah besar, maka rencananya akan menggunakan teknologi video conference live yang bisa menghadirkan penyelenggaraan Bubos di 27 kabupaten/kota,” kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Jawa Barat (Jabar) Setiaji Jumat (16/4/2021) di Bandung.

Penyelenggaraan Bubos yang akan digelar 24 April 2021 ini menggunakan teknologi informasi. Hal ini juga dimaksudkan agar peserta bisa merasakan nuansa atau suasana kebersamaan meskipun berada di tempat masing-masing. Bubos merupakan acara buka bersama untuk seluruh warga Jabar. Acara digelar tanggal 24 April dipusatkan di Gedung Pakuan Kota Bandung dengan peserta terbatas, dan serentak digelar di 27 Kabupaten Kota yang seluruhnya terhubung secara daring.

PERKEMBANGAN VIRUS CORONA

Berita Selengkapnya

Sebelumnya Bubos pernah dilakukan 2018 dan 2019 tapi terhenti pada 2020 karena pandemi. Dulu Bubos kependekan dari Buka Bersama on the Street. Setelah adaptasi kebiasaan baru, Bubos berganti nama menjadi Buka Bersama on the Screen.

Bubos 2021 akan dilakukan secara daring dan luring (hybrid) melibatkan 100.000 orang yang berasal dari 1.000 perangkat daerah pemda provinsi – pemkab – pemkot, Jabar Bergerak, serta pramuka. “Sudah kita siapkan juga Vsat satelit untuk meng-cover beberapa daerah yang blankspot, sehingga mereka tetap bisa terhubung,” ucap Setiaji.

Menurut Setiaji, penyelenggaraan Bubos di masa pandemi ini menjadi tantangan tersendiri bagi Diskominfo untuk tetap menghadirkan kebersamaan dan kehangatan tanpa tatap muka. “Bahkan harapan kita, pesertanya tidak hanya dari wilayah Jawa Barat. Dengan teknologi internet dan satelit ini, bisa saja warga Jabar yang sedang ada di luar Jabar bahkan luar negeri, bergabung dengan acara ini. Jadi pesertanya bisa unlimited atau tak terbatas” tuturnya.

Kontes “Koas”

Bubos 24 April 2021 ini dimeriahkan dengan berbagai acara menarik. Salah satu acara adalah Kontes Juara Anak Soleh (Koas) meliputi lomba tahfidz quran, adzan dan dai cilik yang akan diikuti oleh anak-anak di seluruh Jawa Barat.

Wakil Ketua TP PKK Provinsi Jawa Barat Lina Ruzhanul Ulum mengatakan Koas dimaksudkan untuk membentuk karakter dan rasa percaya diri anak. “Koas ini sebagai contoh bagaimana membimbing anak-anak dan membentuk rasa percaya diri ketika berada di depan umum,” ujar Lina usai acara Jabar Punya Informasi di Gedung Sate Bandung, Jumat (16/4/2021).

Lina berharap 27 kabupaten/kota mengirimkan perwakilan terbaik untuk berpartisipasi di acara Koas. Babak penyisihan Koas akan dilakukan 20 April dan final saat acara puncak Bubos pada 24 April 2021.

Koas memperebutkan hadiah juara pertama uang tunai Rp5 juta juara kedua Rp4 juta, dan juara ketiga Rp3 juta. “Dan ada hadiah tambahan dari Pak Gubernur dan Pak Wakil Gubernur,” tutupnya. “Mudah-mudahan siapun juaranya di perlombaan Koas ini tidak menjadi sombong tapi yang belum beruntung di acara koas yang akan datang dapat menjadi juaranya,”imbuhnya.***