Hasil SMBTN diumumkan Selasa sore

oleh -5 views
Ilustrasi
Arrief Ramdhani
Ilustrasi
Ilustrasi

PENGUMUMAN hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) akan diumumkan secara serentak di seluruh wilayah Indonesia pada pukul 14.00 WIB Selasa (28/6), kata salah seorang pejabat di Universitas Syiah Kuala.
“Pengumuman tersebut dapat diakses lamanhttps://pengumuman.sbmptn.ac.id.,” kata Humas SBMPTN Universitas Syah Kuala, Ilham Maulana, di Banda Aceh, Senin.

Ia menjelaskan server pengumuman SBMPTN pada hari tersebut akan banyak dikunjungi peserta untuk mengecek kelulusan mereka pada perguruan tinggiJantong Hatee rakyat Aceh itu.

“Sebagai antisipasi dan memudahkan peserta mengakses, panitia menyiapkan 12 server mirror yang juga dapat digunakan untuk mengakses informasi kelulusan peserta,” katanya.

Salah satu server mirror itu berada di Universitas Syiah Kuala dengan alamat:https://sbmptn.unsyiah.ac.id. 

“Ini merupakan tahun pertama bagi Unsyiah dipercaya menjadi server mirrorSBMPTN bersama 11 perguruan tinggi ternama lain,” katanya.

Selain Universitas Syah Kuala, server mirror yang dapat diakses: https://sbmptn.ui.ac.id (Universitas Indonesia, Jakarta),https://sbmptn.itb.ac.id (ITB, Bandung), https://sbmptn.ipb.ac.id (IPB, Bogor),https://sbmptn.its.ac.id (ITS, Surabaya), dan https://sbmptn.ugm.ac.id (UGM, Jogjakarta).

 

Juga https://sbmptn.undip.ac.id (Universitas Diponegoro, Semarang),https://sbmptn.unair.ac.id (Universitas Airlangga, Surabaya),https://sbmptn.unhas.ac.id (Universitas Hasanuddi, Makasar),https://sbmptn.unand.ac.id (Universitas Andalas, Padang),https://sbmptn.unsri.ac.id (Universitas Sriwijaya, Palembang), danhttps://sbmptn.untan.ac.id (Universitas Tanjungpura, Pontianak).

SBMPTN merupakan jalur kedua untuk masuk ke perguruan tinggi negeri dengan metode tes tulis.

Sebelumnya, sebanyak 40 persen dari jumlah mahasiswa baru Universitas Syiah Kuala telah diterima melalui jalur undangan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri.

Selain itu, juga masih ada satu jalur terakhir untuk mengakses perguruan tinggi yaitu jalur mandiri setelah pengumuman SBMPTN.

Khusus di Universitas Syiah Kuala, porsi penerimaan mahasiswa baru jalur SBMPTN dan jalur mandiri masing-masing adalah 35 persen dan 25 persen. ( antaranews.com)