“Harus Bagus, Hasil UN Jadi Nilai Tambah Masuk PTN”

Wednesday 16 April 2014 , 2:52 AM
Ilustrasi

Ilustrasi

BANYAK siswa berpendapat sekolah tiga tahun di bangku SMA, hanya diukur dengan hasil Ujian Nasional (UN). Namun mulai saat ini, setiap pelajar SMA sederajat yang mengikuti UN didorong untuk tekun dan serius agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Pasalnya, kata Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kota Depok Didi Suryadi, hasil UN akan menjadi nilai tambah untuk masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Yakni dengan mempertimbangkan nilai Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tertulis ditambah nilai UN.

“Perbandingannya barangkali 60-40, 60 persen nilai SBMPTN lalu 40 persen nilai UN. Jadi hasil UN harus bagus juga, jangan sekadar lulus, karena bisa menjadi pertimbangan tiket masuk PTN,” kata Didi kepada wartawan di Depok, Selasa (15/4/2014).

Didi menambahkan, karena itulah, selain guru, para orangtua harus mendukung penuh anak-anak mereka agar sukses UN. “Hasil ini diperhitungkan masuk ke PTN. Kalau jalur undangan kan tetap nilai rapor,” tegasnya.

Dia juga meminta agar mendapatkan hasil yang terbaik, siswa harus percaya diri jangan percaya contekan ataupun bocoran kunci jawaban UN. Jika pun beredar, kata Didi, tidak ada gunanya karena setiap soal menggunakan tipe berbeda.(kampus.okezone.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published.