Hari Pertama Pendaftaran PPDB, Jumlah Pendaftar Membludak

Friday 24 May 2019 , 8:52 AM

ORANG tua calon siswa antre saat mendaftarkan anaknya pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2019, di SMPN 7 Bandung, Jalan Ambon, Kota Bandung, Kamis, 23 Mei 2019. Pada hari pertama PPDB 2019 di sekolah tersebut, sebanyak 250 orang pendaftar telah mengambil nomor antrean. PPDB tingkat SD dan SMP berlangsung hingga 28 Mei 2019.(pikiran-rakyat.com)

PENDAFTAR  membludak di hari pertama pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMP Kota Bandung. Pendaftaran PPDB Kota Bandung dibuka sampai 28 Mei 2019.

Humas Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi SMP Negeri 7 Bandung Olih mengatakan, pada hari pertama ini sudah terdapat 250 orang yang mengambil nomor antrean pendaftaran. Jumlah itu lebih banyak dibandingkan hari pertama pendaftaran PPDB tahun lalu.

“Tahun lalu hari pertama paling sekitar 30 orang saja,” kata Olih ditemui di SMP Negeri 7 Bandung, Jalan Ambon, Kamis, 23 Mei 2019. Pendaftar baru meningkat menjelang hari-hari terakhir masa pendaftaran.

Para pendaftar bahkan sudah datang ke sekolah pukul 06.00 WIB. Padahal pendaftaran baru dimulai pukul 08.00 WIB. Beberapa orangtua sempat mengira jika mendaftar lebih awal, punya kesempatan yang lebih besar untuk diterima.

“Kami jelaskan tadi ke orangtua, tidak pengaruh daftar duluan atau tidak, bukan itu penentunya. Hanya kalau jaraknya sama, nilainya sama, baru ditentukan dari siapa yang lebih dulu mendaftar,” tutur Olih.

Olih mengatakan, pendaftaran dibuka sampai 28 Mei 2019. Orangtua bisa memanfaatkan waktu pendaftaran yang relatif panjang ini.

Antrean panjang juga terjadi di sekolah lain. Salah seorang orangtua calon siswa di SMP Negeri 13 Bandung, Vebertina (38) mengatakan, hari pertama jumlah antrean sudah membludak, sampai 350 orang.

Para pendaftar bahkan sudah datang pukul 05.00 WIB dan berinisiatif membuat absen sendiri, padahal seharusnya pengambilan nomor antrean dimulai pukul 08.00 WIB. “Tapi karena sudah terlanjur, hari ini pakai catatan antrean buatan orangtua. Besok harus pakai nomer antrean yang baru dibuka pukul 08.00,” ujarnya.

Akibat sudah banyaknya jumlah pendaftar, pengambilan nomor antrean akhirnya dihentikan sekitar pukul 09.00 WIB.

Antrean yang panjang ini salah satunya akibat adanya kekhawatiran pendaftaran akan ditutup jika sudah menerima pendaftar sejumlah kuota sekolah. “Tapi tadi sudah dijelaskan tidak begitu. Pendaftaran akan dibuka sampai tanggal 28 Mei,” katanya.

Kepala Bidang Pengembangan dan Pembinaan SMP Dinas Pendidikan Kota Bandung Hadiana Soeriaatmadja mengatakan, orangtua calon siswa tak perlu khawatir. Pendaftaran tetap ditutup pada 28 Mei 2019.

Tidak bergantung pada jumlah pendaftar, calon siswa tetap bisa mendaftar sampai masa pendaftaran berakhir. Meski yang daftar ribuan, tetap saja pendaftaran ditutup pada 28 Mei 2019,” tuturnya.

Hadiana mengingatkan, orangtua agar tidak mempercayai kabar yang belum terjamin kebenarannya. “Orangtua silakan baca ketentuan PPDB yang dipasang di sekolah. Jangan percaya hoaks, ujarnya.(pikiran-rakyat.com)

Comments are closed.