Hari Ini 11 Provinsi Baru Mulai Ujian

oleh -4 views
Ilustrasi (lensaindonesia.com)
Arrief Ramdhani
Ilustrasi (lensaindonesia.com)
Ilustrasi (lensaindonesia.com)

HARI ini, sebagian besar siswa SMA/sederajat di Indonesia mengikuti ujian nasional (UN) hari terakhir. Tapi bagi sekira satu juta siswa di 11 provinsi Indonesia Tengah, hari ini justru awal perjuangan mereka berjibaku dengan soal-soal UN.
Seperti diketahui, ada 11 provinsi yang  terpaksa menunda pelaksanaan UN karena hingga jadwal UN hari pertama, 15 April lalu, belum menerima berkas soal dan lembar jawaban ujian nasional (LJUN). Peyebabnya, PT Ghalia Indonesia Printing, sebagai pencetak soal UN di 11 provinsi tersebut, gagal mengepak dan mendistribusikan berkas-berkas soal UN tepat waktu. 

Ke-11 provinsi yang memulai UN hari ini adalah Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Gorontalo, Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

banner 728x90

Ujian akan dimulai hari ini hingga Selasa, 23 April mendatang. Pagi ini siswa di ke-11 provinsi itu akan mengerjakan soal UN sesuai jurusan masing-masing. Siswa SMA program IPA akan mengerjakan soal Kimia dan Biologi, siswa SMA program IPS akan mengerjakan soal Sosiologi dan Geografi, siswa SMA program Bahasa akan mengerjakan soal Antropologi dan Sastra Indonesia. Sedangkan siswa MA jurusan Program Keagamaan akan diuji kemampuan Fikih dan Hadis.

Hari kedua UN akan diisi dengan ujian Matematika bagi siswa semua jurusan. Hari ketiga, Senin, 22 April, diujikan mata pelajaran Bahasa Indonesia. Pada hari terakhir, Selasa, 23 April, siswa program IPA mengikuti ujian Fisika dan Bahasa Inggris; siswa program IPS mengikuti ujian Ekonomi dan Bahasa Inggris; siswa program Bahasa akan mengikuti ujian Bahasa Asing dan Bahasa Inggris; serta siswa MA mengerjakan soal Tafsir dan Bahasa Inggris.

Sementara itu, siswa SMK dan SMA LB di ke-11 provinsi itu akan memulai UN, Jumat, 19 April besok dengan mengerjakan soal Matematika. Hari kedua, Senin, 22 April, mereka akan mengerjakan soal Bahasa Indonesia dan hari ketiga, Selasa 23 April, mereka menghadapi ujian Bahasa Inggris.

Seperti halnya UN reguler, UN paket C di ke-11 provinsi ini juga dimulai hari ini dengan mata pelajaran Matematika bagi siswa paket C IPS dan IPA.(kampus.okezone.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.