Hanya Siswa Bersertifikat Tingkat Nasional yang Diterima di SMPN 2 Bandung Jalur Prestasi

oleh -2 views
Ilustrasi : Penerimaan siswa baru smp.(republika.co.id)
Arrief Ramdhani
Ilustrasi : Penerimaan siswa baru smp.(republika.co.id)
Ilustrasi : Penerimaan siswa baru smp.(republika.co.id)

PENDAFTARAN Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2016 untuk jalur prestasi di SMPN 2 Bandung akhirnya memastikan hanya akan meloloskan peserta dengan sertifikat presitasi minimal tingkat nasional. Hal itu didasarkan dari banyaknya peserta pendaftar yang berlangsung selama empat hari sejak Rabu (15/6/2016).

Di hari terakhir PPDB, SMPN 2 juga telah menetapkan passing grade untuk jalur prestasi, yakni 21.

“Hari ketiga pendaftar paling banyak. Karena memang hari keempat untuk jalur prestasi sudah terbentuk passing grade-nya di angka 21. Jadi yang sertifikatnya atau piagamnya kurang dari tingkat nasional sepertinya memilih sekolah lain,” ujar Wakasek Humas SMPN 2 Bandung Lukman Surya, saat ditemui di sekolah tersebut, Sabtu (18/6).

Sebagian besar pendaftar jalur prestasi di SMPN 2 Bandung, lanjutnya, mendaftar dengan sertifikat di bidang olahraga.

Sampai hari terakhir PPDB, kata Lukman, pendaftar yang mendaftar pada jalur prestasi di SMPN 2 Bandung berjumlah hampir 70 orang. Sekolah tersebut hanya akan menerima lima persen dari jalur prestasi atau 14 siswa, 57 siswa dari jalur Rawan Melanjutkan Pendidikan, 3 siswa dari jalur Peserta Didik Berkebutuhan Khusus.

Di hari terakhir pula, SMPN 2 Bandung mendapati satu orang pendaftar yang mendaftar di jalur Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (PDBK).

“ABK-nya bukan ke arah fisik. Tapi cenderung suka lupa. Sebelumnya SMPN 2 Bandung juga pernah menangani anak seperti ini yang cenderung hiperaktif,” ujarnya. (jabar.tribunnews.com)