Hanya 923 Siswa di Cianjur yang Ikut UN-CBT

Wednesday 08 April 2015 , 11:50 AM
Hanya 923 Siswa di Cianjur yang Ikut UN-CBT (pikiran-rakyat.com)

Hanya 923 Siswa di Cianjur yang Ikut UN-CBT (pikiran-rakyat.com)

HANYA 923 siswa di Kabupaten Cianjur yang akan mengikuti Ujian Nasional Computer Based Test (UN-CBT). Hal itu terungkap setelah pihak Kementerian Pendidikan melakukan verifikasi akhir terhadap kelayakan dan kesanggupan sekolah untuk menyelenggarakan UN-CBT.

Para siswa yang akan mengikuti UN-CBT itu berasal dari tiga sekolah, dua dari SMK dan satu sekolah dari SMA. Untuk SMK yakni SMK Al Itiihad dan SMK Bina Nusantara. Sedangkan dari SMA yakni SMAN 1 Cianjur.

Ketua Panitia UN Kabupaten Cianjur, Jum’ati mengungkapkan, pada tahun 2015 jumlah peserta UN dari SMA sebanyak SMA 5.218 peserta dan dari SMK sebanyak 9.813 peserta. “Jumlahnya memang mengalami peningkatan, terutama untuk peserta UN dari SMK,” kata Jum’ati didamping Sekretaris UN Nonong Winarni, Senin (6/4/2015).

Dikatakan Jum’ati, untuk peserta UN-CBT hanya diikuti oleh tiga sekolah dengan jumlah peserta mencapai 923 peserta. “Untuk SMAN 1 pesertanya paling banyak mencapai 401 peserta, SMK Bina Nusantara sebanyak 303 peserta dan SMK Al Ittihad sebanyak 219 peserta,” jelasnya.

Kepala Bidang SMA/SMK Dinas Pendidikan Kabupaten Cianjur Akib Ibrahim mengatakan, tiga sekolah yang akan mengikuti UN-CBT saat ini kondisinya sudah benar-benar siap. Baik mengenai sarana dan prasarananya maupun mengenai kesiapan para siswanya.

“Hasil dari pengecekan kami, saat ini tiga sekolah yang akan mengikuti UN-CBT sudah benar-benar siap untuk melaksanakan. Segala persiapan telah dilaksanakan, termasuk antisipasi terburuknya,” kata Akib saat ditemui disela kegiatan pemantauan perispan UN-CBT di SMAN 1 Cianjur.

Akib menyebut, UN-CBT yang akan dilaksanakan sudah dipersiapkan. Sekolah sudah menyiapkan sarana dan prasarananya. “Kalau komputer terjadi kerusakan sudah ada tekhnisi khusunya, sedangkan kalau mengenai gangguan listrik, kami dan pihak sekolah sudah meminta bantuan PLN. Bahkan sekolah juga sudah antisipasi dengan menyiapkan genset,” tegasnya.

Dengan demikian secara umum, UN-CBT di Cianjur sudah siap untuk dilaksanakan. Sekolah-sekolah sudah beberapa kali melaksanakan uji coba. “Kita harapkan semuanya berjalan lancar pada pelaksanaanya nanti. Tidak ada gangguan tekhnis maupun non tekhnis,” papar Akib¬†.(pikiran-rakyat.com)

 

Comments are closed.