Guru SMA Kelebihan, SD -SMP Kekurangan

oleh -2 views
Ilustrasi (sman2purworejo.sch.id)
Arrief Ramdhani
Ilustrasi (sman2purworejo.sch.id)
Ilustrasi (sman2purworejo.sch.id)

HAMPIR seluruh kabupaten/kota di Indonesia mengalami problem kekurangan guru SD dan SMP dari PNS, atau yang sekarang disebut pegawai aparatur sipil negara (ASN).

Namun kondisi bertolak-belakang terjadi untuk guru SMA. Data Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB), lebih dari 50 persen kabupaten/kota kelebihan guru SMA. Kelebihan guru juga terjadi untuk guru TK.

“Ada 418 kabupaten/kota yang kekurangan guru SD. Hanya 59 kabupaten/kota yang kelebihan guru SD,” ujar Deputi SDM Aparatur KemenPANRB Setiawan Wangsaatmadja di Jakarta, Jumat (7/3).

Dia mengungkapkan, kabupaten/kota yang kekurangan guru SMP jumlahnya mencapai 353. Namun ada 119 kabupaten/kota yang kelebihan guru SMP. Untuk SMA, ada 177 kabupaten/kota kekurangan guru, tetapi 316 kabupaten/kota kelebihan.

“Membludaknya jumlah guru TK dari pegawai ASN, yakni 389 kabupaten/kota. Sementara yang kekurangan hanya ada 10 kabupaten/kota,” ucapnya.

Setiawan mengungkapkan, kebijakan umum formasi pegawai ASN tahun 2014 ini dengan pertumbuhan zero growth secara nasional. Artinya, alokasi formasi nasional sama dengan jumlah PNS yang pensiun.(jpnn.com)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.