Guru Harus Ekspos Kekayaan Warisan Budaya

Tuesday 23 September 2014 , 5:19 AM
Guru Harus Ekspos Kekayaan Warisan.(kampus.okezone.com)

Guru Harus Ekspos Kekayaan Warisan.(kampus.okezone.com)

BANYAK anak muda yang masih belum peduli terhadap benda-benda purbakala. Yang perlu dilakukan agar anak muda peduli terhadap kehidupan purbakala sebagai replika akar budaya Indonesia adalah guru harus mengekspos kekayaan warisan kepada muridnya.
Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Wamendikbud) Bidang Kebudayaan Wiendu Nuryanti mengatakan, sebenarnya pendekatan yang sederhana adalah guru harus mengekspos kekayaan-kekayaan warisan budaya dimulai dari sekarang.

“Misalnya, setiap liburan sekolah guru harus membawa muridnya ke Museum dan tempat peninggalan warisan budaya lainnya. Selain itu, guru juga harus mendapatkan sertifikat di bidang kebudayaan untuk merangsang murid-muridnya, itu hal paling sederhana,” ujar Wiendu, saat berbincang dengan¬†Okezone, belum lama ini.

Selain mengunjungi tempat-tempat peninggalan warisan budaya seperti Museum, Wiendu melanjutkan, juga membuat film mengenai kebudayaan yang masuk ke dalam Kurikulum 2013 dengan memutarkan film tersebut ke sekolah-sekolah.

“Situs Gunung Padang misalnya, sehingga siswa otomatis bangga dan menjadi peduli terhadap kekayaan warisan budaya dengan mengunjungi tempat-tempat peninggalan warisan budaya seperti Museum dan mereka jadi menyukai budaya tersebut,” ucapnya.

Wiendu menambahkan, ada 65 ribu situs cagar budaya termasuk artefak dan monumen yang tersebar di nusantara. Hal itu merupakan pembangunan karakter dari budaya yang mengandung kearifan lokal, pembelajaran jati diri, dan karakter.

“Saya bangga dan hal-hal kecil supaya kita cinta terhadap cagar budaya dimulai dari membuat baju dan topi bergambarkan kebudayaan Indonesia. Saya kira itu penting sekali,” ungkapnya.(kampus.okezone.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published.