Guru Harus Bisa Berkomunikasi dengan Berbagai Cara

oleh -3 views
Ilustrasi.(prioritaspendidikan.org)
Arrief Ramdhani
Ilustrasi.(prioritaspendidikan.org)
Ilustrasi.(prioritaspendidikan.org)

SEORANG guru memiliki tanggung jawab untuk bisa mendidik anak muridnya. Dengan begitu, mereka pun harus bisa berkomunikasi dengan berbagai cara kepada siswanya.

“Tujuan guru adalah untuk bisa beromunikasi dengan berbagai cara kepada anak muridnya,” ungkap pakar psikologi pendidikan dan sekolah dari Universitas Indonesia (UI), Tjut Rifameuthia Umar Ali, di Kantor Kemdikbud, Selasa (22/3/2016).

banner 728x90

Sehingga, siswa yang tadinya tidak tahu menjadi tahu dan yang sudah paham menjadi lebih paham. Sebab yang paling penting dari seorang guru adalah cara mereka berinteraksi dengan bermacam-macam cara.
“Guru diharapkan berperan tidak lebih dari anak-anak muridnya. Dan, kelas yang banyak suaranya itu bukan berati karena berisik, mungkin karena sedang melakukan diskusi,” ujarnya.

Anak-anak sekolah dasar (SD) itu sudah mulai mampu untuk menjelaskan tentang konsep. Namun sebelum mencapai konsep anak harus diajarkan tentang objek-objek yang ada wujudnya sehingga mereka bisa melakukan percobaan.

“Apa pun yang ada di sekitar kita itu bisa dijadikan wadah untuk belajar tentang penelitian. Karena itu, guru harus bisa memberikan pengajaran yang bervariasi,” ujarnya.

Rifameuthia menambahkan, ada beberapa hal yang dibutuhkan oleh seorang anak. Hal itu mungkin juga masih dibutuhkan oleh orang dewasa pula.

“Di antaranya kasih sayang, pemaham baru, pujian dan penghargaan agar mereka tetap melakukan hal-hal yang positif. Selain itu juga ada pengalaman yang bervariasi,” tambahnya.(news.okezone.com)