Guru dan Murid Harus ‘Update’ dengan Kemajuan Teknologi Pendidikan

Wednesday 26 February 2014 , 2:13 AM
ICT

Ilustrasi

MASYARAKAT dituntut untuk dapat mengikuti perkembangan teknologi. Tidak terkecuali perkembangan teknologi pendidikan, yang dapat membantu proses belajar untuk meningkatkan kinerja dengan cara membuat, menggunakan dan mengelola segala proses dan sumber teknologi.

“Saat ini siswa di sejumlah negara sudah dekat dengan perangkat teknologi, setidaknya mereka sudah terbiasa mencari informasi tambahan dari internet, siswa sudah terbiasa dengan perangkat selular canggih. Dengan kemampuan-kemampuan awal tersebut para siswa juga harus disiapkan di dalam kelas dengan teknologi yang biasa mereka gunakan,” jelas Magnus Bengtsson, seorang pengamat pendidikan berbasis teknologi dari Promethean UK.

Teknologi, lanjut Magnus, harus dipandang sebagai sarana untuk meningkatkan, mengeksplorasi dan membayangkan, bagaimana berpikir yang nantinya akan membawa kesuksesan.

“Dengan tersedianya perangkat belajar yang berbasis teknologi maju, siswa bisa belajar tambahan di rumah masing-masing atau secara online bisa belajar dengan teman-temannya di tempat berbeda,” kata dia.

Saat ini di dunia teknologi pendidikan berkembang apa yang disebut Interactive Whiteboard Type Promethean ActivBoard 595 Pro Mobile System with EST Projector.

Papan multi touch yang kaya fitur ini menggabungkan warna, gerak dan aktivitas suara yang terintegrasi dengan built-in speaker penguat suara stereo sebagai pendukung mata pelajaran. Terpasang pada stand board yang dapat diatur ketinggiannya secara elektrik (motorized height adjustable stand), dilengkapi gantungan proyektor serta proyektor tipe short throw.

Sejumlah negara di Eropa, Amerika, Malaysia, Singapura, Tiongkok, Vietnam sudah menggunakannya. Di Indonesia dalam kurun waktu dua tahun ini sudah ada sekitar 2000 Whiteboard Interactive ini digunakan di sejumlah sekolah-sekolah.

Sarana ini memungkinkan pelaksanaan proses belajar mengajar menjadi aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan bahkan dapat dilakukan kapan saja baik di dalam maupun di luar ruang kelas sehingga proses pembelajaran menjadi sangat produktif dengan hasil akhir akselerasi penyerapan materi belajar yang sangat cepat dan bermutu tinggi.

Dijelaskan lebih lanjut oleh Magnus Bengtsson, para guru pada saat yang bersamaan juga bisa mengetahui apakah para siswa mengerti dan paham dengan apa yang diajarkannya.

“Dengan satu alat lainnya, yang juga bagian dari Interactive Whiteboard memungkinkan guru pada saat yang bersamaan bisa mengetahui apakah para siswa mengerti dan paham apa yang tengah diajarkan,” kata dia.

Saling berinteraksi, mengoptimalkan perangkat teknologi pendidikan yang terus berkembang, belajar tanpa ada batas ruang dan waktu adalah sebagian dari berbagai upaya meningkatkan pendidikan bagi para siswa. Selain tentunya para pengajar juga terus membekali diri dengan kemampuan-kemampuan terakhir dalam dunia pendidikan tingkat dunia.(republika.co.id)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.