Guru Basa Sunda Mendapat Hadiah Hardjapamekas 2015‎

oleh -7 views
kemdikbud.go.id
Arrief Ramdhani
kemdikbud.go.id
kemdikbud.go.id

TIGA guru bahasa Sunda, masing-masing Sriyati (Guru ‎SDN 5 Kec Bungbulang Kab Garut), Dadang Nurjaman (Guru SMPN 2 Rancabali Kab Bandung), dan Ari Ardiansah (Guru SMAN 1 Ciampel Kab Karawang) ‎‎mendapat hadiah Hardjapamekas 2015. Hadiah ini akan diberikan bersamaan dengan pembukaan Konferensi Internasional Bahasa Daerah dan Relounching majalah “Cupumanik” pada Senin (26/10/2015) di Gedung Pertemuan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung.

Ery Riyana Hardjapamekas selaku pemrakarsa pemberian hadiah Hardjapamekas menyampaikan itu kepada media, Sabtu (24/10/2015), di Dago Panyawangan, Bandung. Ery didampingi juri masing-masing Elin Syamsuri, Dinding Haerudin, dan Safrina Noorman.

Ery mengatakan, hadiah Hardjapamekas diberikan diambil dari nama seorang tokoh pendidik di Jawa Barat R Sobri Hardjapamekas. Hardjapamekas awalnya terjun dalam dunia pemerintahan tetapi kemudian memusatkan perhatiannya kepada dunia pendidikan.

banner 728x90

Sepulang belajar dari Jerman, Hardjapamekas memprakarsai dan mengajar di Jurusan Pendidikan Bahasa Jerman FPBS IKIP Bandung yang sekarang menjadi UPI Bandung. Hardjapamekas juga pernah menjadi Dekan FPBS IKIP Bandung.

“Jadi hadiah Hardjapamekas ini sengaja diberikan sudah yang ke delapan kalinya untuk mengenang beliau,” ujar Ery yang merupakan salah satu putera dari R Sobri Hardjapamekas.

Ketiga guru yang memperoleh hadiah Hardjapamekas memperoleh uang masing-masing sebesar Rp 5 juta. Disinggung adanya pertanyaan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil tentang alasan mengapa pemberian hadiah ini hanya kepada guru bahasa Sunda dan bukan kepada bahasa daerah lain, Ery mengatakan, untuk menjawab pertanyaan itu pihaknya harus mempertimbangkan dan memikirkan lebih jauh. .(pikiran-rakyat.com)