Guru Baru? Jadi Role Model Dong!

oleh -1 views
Ilustrasi (aryansah.wordpress.com)
Arrief Ramdhani
Ilustrasi (aryansah.wordpress.com)
Ilustrasi (aryansah.wordpress.com)

MENJADI guru tidak lah mudah. Selain harus mempunyai tingkat kesabaran yang tinggi, seorang guru juga harus bisa menjadi panutan bagi murid-muridnya.
Mereka yang memilih untuk menekuni profesi ini ada baiknya mempunyai “panduan” tersendiri, apalagi jika kalian baru lulus dan menjadi guru baru. Menjadi seorang guru, juga memerlukan banyak stamina untuk menangani berbagai jenis siswa di setiap kelas.

Jangan heran, selama masa kalian sebagai guru baru akan menemukan banyak orang yang memberitahu apa yang harus dilakukan dan bagaimana bekerja di sekitar siswa. Demikian seperti dilansir dari Boldsky, Senin (11/11/2013).

Nah, ada baiknya jika kalian mempunyai syarat dan kondisi, mengingat aturan pendidikan kalian lah yang melakukannya sendiri. Jika kalian baru memasuki bidang pengajaran, berikut adalah beberapa saran yang terbaik untuk guru baru.

Dengarkan kata hati
Ketika waktu mengajar tiba, satu saran yang harus diikuti adalah mendengarkan kata hati. Akan ada banyak guru senior yang membagi pengalaman dan nasihatnya untuk kalian, serta buku-buku yang telah dibaca. Tapi, ikuti kata hati dan keberanianmu sebagai guru baru, yang akan menjadi kunci menuju guru yang baik.

Perhatikan gaya busana
Hampir semua orang pasti suka memakai pakaian model terbaru, tetapi di sekolah kalian tidak bisa sembarangan mengenakan pakaian. Kendati ada beberapa hari mengenakan seragam, ketika memakai baju bebas pakailah pakaian dengan warna netral.

Anda adalah orang dewasa
Ada beberapa guru yang bertindak tidak sesuai dengan usianya. Nah, selalu mengontrol diri dan selalu mengingatkan diri jika kalian adalah orang dewasa bagi para muridnya, tidak peduli kalian mengajar di tingkat apa.

Jadi panutan
Siswa belajar dari Anda, jadi sangat penting bagi siswa kalian untuk bisa menjadi seorang panutan bagi mereka. Lakukan sesuatu yang benar dan tepat sehingga mereka akan mengikuti langkah Anda.

Belajar dari kesalahan
Setiap manusia pasti pernah membuat kesalahan. Jika Anda membuat kesalahan, bersikap jujur dan jangan malu untuk meminta maaf. Kita semua belajar dari kesalahan, saran ini sangat penting didengar para guru baru.(kampus.okezone.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.