GPMB Dirancang Sebagai Organisasi Independen

oleh -6 views
Ilustrasi
Arrief Ramdhani
Ilustrasi
Ilustrasi

PENTINGNYA peranan membaca dalam meningkatkan kualitas SDM, membuat Pemkot Cimahi mendukung penuh pembentukan Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB).

GPMB yang dibentuk Kantor Arsip Perpustakaan dan Pengelolaan Data Elektronik (KAPPDE) Kota Cimahi, memiliki misi membangkitkan kebiasaan membaca bagi seluruh lapisan masyarakat, dengan memberdayakan seluruh potensi yang ada. Sehingga tercipta budaya baca di tengah masyarakat.

“Meningkatkan kualitas SDM yang seharusnya mampu mengembangkan kemampuan secara mandiri memperoleh ilmu pengetahuan melalui membaca. Karena dengan membaca buku merupakan sebuah langkah awal dari terasahnya potensi manusia dalam membaca permasalahan dan merancang masa depan,” kata Kepala KAPPDE Kota Cimahi, drg Chanifah Listyarini MHM belum lama ini.

Dalam kesempatan itu, Chanifah Listyarini yang akrab disapa Rini menekankan, bahwa gerakan ini akan menjadi organisasi yang independen tidak ada intervensi dari pemerintah. Peran pemerintah kota hanya sebagai pembina saja.

“Gerakan ini akan berhasil apabila didukung oleh seluruh elemen masyarakat, pemerintah dan swasta untuk menggelorakan semangat terhadap pentingnya membaca,” tandasnya.

Di tempat terpisah Duta Baca Nasional yang juga inspirator lagu-lagu pendidikan, Ferry Curtis mengatakan, membaca adalah kunci dari kemajuan bangsa. Bangsa yang kaya adalah bangsa yang membudayakan membaca.

Melalui momentum Hardiknas 2014 ini, dia menyambut positif upaya pemerintah yang serius mengembangkan minat baca masyarakat. “Membaca membuka mata, membuka hati dan membuka belantara dunia. Saya sangat mendukung program tersebut,” katanya.(inilahkoran.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.