Forum Komite Sekolah Minta Moratorium Pungutan Dicabut

oleh -4 views
Ilustrasi
Arrief Ramdhani
Ilustrasi
Ilustrasi

KETUA Forum Komite Sekolah Kota Bandung Qadhar Faisal Ruskanda meminta moratorium pungutan yang sempat dikatakan Kepala Disdik Kota Bandung, agar segera dicabut. Ia mengaku akan mengirimkan somasi bila setelah Lebaran moratorium itu tidak dicabut.

Dikatakan Qadhar, komite sekolah di Kota Bandung, dalam beberapa pertemuan mengaku keberatan dengan adanya moratorium itu. Apalagi ke depan tidak ada kejelasan apakah pungutan akan tetap ada atau tidak.

“Seperti tahun-tahun sebelumnya, ketika moratorium dicabut, orang tua malah mendapat beban yang lebih berat, karena harus melunasi iuran bulanan yang tertunggak juga iuran bulanan berjalan,” ujarnya.

Qadhar mengatakan, orang tua membutuhkan jaminan bila pencabutan moratorium kelak tidak berlaku surut. Selain itu, orang tua juga menyadari bahwa operasional sekolah harus terus berjalan. Dan, pemerintah belum dapat menutupi biayanya terutama jenjang SMA dan SMK.

Bila moratorium dikaitkan dengan alih kelola, kata Qadhar, seharusnya tidak boleh ada stagnasi. Menurut dia, dihentikannya iuran bulanan sama saja membuat stagnasi operasional sekolah. Malahan, moratorium itu dapat dikatakan melanggar permendagri nomor 52 tahun 2015. “Karena SPP dan DSP dibutuhkan untuk peningkatan mutu pendidikan, kecuali pemerintah sudah bisa menanggung pembiayaannya,” ujarnya.( pikiran-rakyat.com)