Fisika & Bahasa Inggris Jadi Fokus Jelang UN

Thursday 03 April 2014 , 4:22 AM
Ilustrasi (dikmen.kemdiknas.go.id)

Ilustrasi (dikmen.kemdiknas.go.id)

DINAS Pendidikan Kota Depok terus mempersiapkan para pelajar untuk menghadapi Ujian Nasional (UN). Sedikitnya terdapat 10 ribu pelajar SMP dan SMA sederajat yang bakal menjadi peserta UN.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok Hery Pansila menjelaskan, persiapan dilakukan mulai dari latihan uji coba (try out) hingga kesiapan mental. Hery mengklaim, dari beberapa kali try out, sejauh ini terdapat peningkatan rata-rata nilai siswa.

“Dari sisi mental memang masih kurang. Tetapi penguatan materi cukup bagus,” kata Hery di Depok, Rabu (2/4/2014).

Hery menambahkan, para guru disekolah juga memberikan tambahan pengayaan atau pendalaman materi. Dia memprediksi, siswa akan kesulitan di mata pelajaran Fisika dan Bahasa Inggris pada UN kali ini.

“Sebenarnya sama, tahun lalu ada penurunan walaupun 100 persen lulus, tetapi siswa lemah di Fisika dan Bahasa Inggris,” katanya.

Untuk menangani masalah tersebut, sekolah pun memberikan tambahan pendalaman materi khusus dua mata pelajaran itu. Hery yakin, sebenarnya soal-soal UN hanya diputar-putar dan diulang. Kuncinya, kata dia, siswa harus memahami materi dasarnya dan jangan percaya contekan.

“Ada siswa yang mendapat soal sulit atau mudah, sehingga membuat anak-anak tidak percaya diri. Padahal, soal ujian itu hanya diputar-putar,” tegasnya.

Untuk mempersiapkan mental, Dinas Pendidikan Kota Depok akan menggelar zikir akbar. Siswa Depok dapat berdoa bersama pada 11 April di Balaikota Depok.

“Hanya tersisa dua minggu jelang UN, kita imbau pada siswa, ini adalah langkah terakhir tinggalkan dunia sekolah, masuki dunia baru. Bukan hasil semata-mata dunia akademis, tapi langkah awal menuju gerbang sukses. Persiapkan diri, yakin, tak mencontek untuk mencapai kesuksesan,” tambah dia.(kampus.okezone.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published.