Film Edukasi Perlu Didorong, Tersedia Beasiswa

oleh -2 views
Ilustrasi
Arrief Ramdhani
Ilustrasi
Ilustrasi

PERKEMBANGAN film yang mengedukasi perlu diberikan dorongan yang kongkret. Salah satunya adalah dengan menyiapkan generasi muda di bidang perfilman yang berkualitas dan juga memiliki komitmen terhadap eduksi.

Sekertaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Didik Suhardi menuturkan, dorongan tersebut salah satunya dengan memberikan beasiswa di bidang perfilman bagi pelajar.

banner 728x90

“Salah satu komitmen pemerintah, memberikan beasiswa untuk generasi muda yang memiliki komitmen terhadap perfilman. Tidak hanya mahasiswa perguruan tinggi, namun siswa tingkat sekolah menengah juga bisa mendapatkan beasiswa ini kalau memang memiliki ketertarikan dan komitmen di bidang film,” ujarnya ketika ditemui di Gedung Kemendikbud, Jakarta, Selasa (27/10/2015) sore.

Dia menuturkan, film memang dapat menjadi salah satu alat edukasi yang cukup efektif. Oleh karena itu, film-film yang mampu mengedukasi dan juga menginspirasi positif bagi masyarakat harus lebih banyak lahir.

Dia menjelaskan, Kemendikbud sebelumnya memiliki program beasiswa unggulan. Beasiswa tersebut tidak hanya diberikan di bidang akademik saja, namun juga non akademik. Bidang perfilman salah satunya yang akan dialokasikan dalam beasiswa unggulan mulai 2016 mendatang.

Menurut Didik, bentuk beasiswa di bidang perfilman tersebut bisa beragam. “Bisa belajar soal sinematografi di luar negeri selama beberapa bulan misalnya. Yang jelas, Kemendikbud mendukung hal ini, karena pemerintah juga berupaya menjadikan film sebagai pembangun revolusi mental, dan juga sarana pendidikan bagi anak-anak,” ungkapnya.(pikiran-rakyat.com)