FIB Unpad Jalin Kerja Sama dengan Fakultas Sastra Doho University Jepang

oleh -45 views
Arrief Ramdhani

FIB UNPAD_jepang

FAKULTAS Ilmu Budaya (FIB) Unpad melakukan penandatangan Memorandum of Agreement (MoA) dengan Fakultas Sastra Doho University, Jepang, Jumat (1/11) di Ruang Sidang Besar Kampus FIB Unpad Jatinangor.

Penandatanganan dilakukan oleh Dekan FIB Unpad, Prof. Dr. Dadang Suganda, M.Hum., dengan Rektor Doho University, Prof. Asano Gensei. Kerja sama ini terkait dengan kunjungan FIB Unpad ke Doho University pada bulan September lalu.

Menurut Prof. Dadang, ada rencana kerja sama yang akan dilakukan, yaitu pertukaran mahasiswa dan dosen, kerja sama penyusunan kurikulum, pembentukan double degree program dan twinning program,joint research, serta kerja sama dalam bidang penyusunan pembuatan jurnal ilmiah internasional.

“Di FIB Unpad kami memiliki program studi Kajian Budaya untuk jenjang Magister dan Doktor yang difokuskan kepada kajian budaya Sunda. Oleh karena itu, kami ingin agendakan mengajak pihak Doho University untuk berkunjung ke beberapa wilayah yang menjadi basis kesenian Sunda di Jabar,” ujar Prof. Dadang.

Melalui kerja sama antara FIB Unpad dengan Doho University juga, Prof. Dadang berharap dapat menjadi ajang untuk mengenalkan Unpad dan Indonesia ke Jepang. “Kita juga mudah-mudahan dapat menjadi fasilitator untuk mengenalkan Doho University dan Jepang di Unpad maupun Indonesia,” ujarnya.

Sementara itu, Prof. Asano mengungkapkan rencana kerja sama memang didiskusikan dalam waktu singkat. Ini membuktikan bahwa FIB Unpad serius untuk melakukan kerja sama dengan universitasnya, sehingga Prof. Asano pun merespons tawaran kerja sama tersebut melalui penandatanganan MoA.

“Pada dasarnya kami ingin mengadakan dua hubungan melalui kerja sama ini, yaitu pendidikan antara Jepang dengan Indonesia. Diharapkan banyak orang-orang Jepang yang mempelajari budaya Indonesia di FIB Unpad, sehingga dapat meningkatkan kualitas SDM di Jepang yang ingin berkiprah di Indonesia,” ujar Prof. Asano.(unpad.ac.id)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.