Fasilitasi Siswa Baca Koran Setiap Hari

oleh -8 views
Ilustrasi(m.tempo.co)
Arrief Ramdhani
Ilustrasi(m.tempo.co)
Ilustrasi(m.tempo.co)

SMPN 2 Mondokan merupakan sekolah mitra USAID PRIORITAS yang telah menerapkan program budaya baca secara intensif sejak Juli 2015. Program yang sudah dilaksanakan adalah membaca 15 menit sebelum pelajaran dimulai, menyediakan sudut baca di setiap kelas, dan menulis ringkasan dari buku yang dibaca pada buku jurnal baca. Sekolah baru saja meluncurkan program baru, yaitu membaca koran setiap hari. Sekolah bekerja sama dengan koran harian terbesar di kota Solo, yaitu Solopos.

“Kegiatan membaca ini dilaksanakan untuk menguatkan pentingnya membaca media massa atau koran. Siswa dapat memperkaya pengetahuan umum dan perkembangan terbaru yang didapatkan dari koran,” terang Kepala SMPN 2 Mondokan Tri Wahyuni.

Dia menjelaskan bahwa informasi dari koran dapat menjadi sumber belajar dalam pembelajaran kontekstual yang mengaitkan dengan kehidupan sehari-hari siswa.

Kegiatan peluncuran membaca koran tersebut, dihadiri oleh beberapa pemangku kepentingan pendidikan seperti kepala perpustakaan daerah, pengawas sekolah, dinas pendidikan, camat, kru dari Solopos, dan staf USAID PRIORITAS.

Sebagai tindaklanjut dari kegiatan ini, setiap hari sudut baca di kelas dan perpustakaan sekolah akan disediakan koran Solopos. Tujuannya agar setiap siswa dapat dengan mudah mendapatkan koran di kelas dan membacanya secara bersama atau bergantian.

Program membaca bersama Koran Solopos dirasakan penting bagi Kepala SMPN 2 Mondokan, karena selama ini sebagian besar siswa tidak membaca koran. Program ini diharapkan dapat memperkaya sumber bacaan siswa. “Saya meyakini dengan banyak membaca maka bisa meningkatkan kualitas pendidikan dan meningkatkan taraf hidup,” katanya.(prioritaspendidikan.org)