Fakultas Teknologi Kelautan ITS Bahas LNG Shipping

oleh -4 views
inderacp.blogspot.com
Arrief Ramdhani
inderacp.blogspot.com
inderacp.blogspot.com

ITS mendapat kunjungan tamu spesial dari Italia, ia adalah Prof. Marco Andreola. Ia diundang dalam kuliah tamu yang bertema The Latest Gas Technology in Shipping oleh mahasiswa program studi Transportasi Laut, Fakultas Teknologi Kelautan.
Marco menyatakan, Liquified Natural Gas (LNG) pada dasarnya merupakan perubahan gas alam dari fasa gas menjadi fasa cair.

“Jika dibandingkan dengan bahan bakar fosil lain, gas alam tersebut lebih sedikit menghasilkan emisi. Gas alam menghasilkan karbondioksida (CO2) 30 persen lebih sedikit dibandingkan bensin,” ujarnya seperti yang dikutip dari ITS Online, Sabtu (1/6/2013).

Jika dibandingkan, lanjutnya, dengan batu bara, emisi yang dihasilkan gas alam 45 persen lebih sedikit. Keuntungan lain dari LNG apabila digunakan sebagai bahan bakar kapal adalah relatif murah dan ramah lingkungan. Berdasarkan data penelitian, emisi SOx dan partikel bisa nyaris nol persen, sedangkan emisi  NOx berkurang hingga 90 persen.

Selain membahas tentang kelebihan gas alam, dalam kuliah ini Marco juga membahas tentang transportasi LNG dengan LNG carrier. LNG carriermerupakan sarana utama yang paling handal dalam transportasi LNG di dunia. Salah satu upaya yang dapat dilakukan dalam pengoptimalan biaya pengangkutan LNG pada LNG carrier adalah dengan pemilihan tipe alternatif sebagai sistem propulsi utama.

Dia menambahkan, saat ini umum dijumpai penggunaan steam turbine sebagai propulsi utama pada kapal-kapal LNG. Akan tetapi, steam turbine masih kurang efisien bila dibandingkan dengan diesel engine modern. “Masalah utama steam turbine adalah tingginya konsumsi bahan bakarnya,” katanya.(kampus.okezone.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.