Evaluasi Belajar Lewat Aplikasi Telegram

Wednesday 01 May 2019 , 4:35 AM

APLIKASI Telegram.*/THOMAS WHITE/REUTERS

IKATAN Guru Indonesia (IGI) Kota Serang akan memanfaatkan teknologi kekinian untuk memajukan pendidikan. Di antaranya menggunakan aplikasi Telegram untuk kegiatan pembelajaran dan dialog pendidikan antara guru dan murid.

Ketua IGI Kota Serang Akto Gunawan mengatakan, aplikasi Telegram harus dimanfaatkan secara maksimal, tidak melulu untuk kegiatan komunikasi saja. Media sosial, termasuk Telegram tidak hanya digunakan untuk mengirim pesan tetapi dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran sesuai dengan kebutuhan.

Ia mengatakan, di ulang tahun pertamanya ke depan dapat berkolaborasi, saling bekerja sama demi pendidikan di Kota Serang, agar lebih berkembang dan lebih maju.

“Kami ingin ke depannya dapat berkolaborsi baik dengan institusi pemerintah maupun masyarakat luas dan bekerja sama dalam memajukan pendidikan di Kota Serang,” kata Akto kepada wartawan Kabar Banten Denis Asria.

Dia menegaskan, kegiatan lain yang akan disasar, yakni pelatihan guru dengan pemanfaatan group aplikasi Telegram sebagai media pembelajaran. ‘Guru dapat melakukan hal paling mudah, untuk menggunakan aplikasi telegram dengan membuat kehadiran siswa ataupun evaluasi selesai pembelajaran. Telegram juga sebagai tempat guru dan peserta didik untuk saling berdiskusi dengan berbagai materi-materi pelajaran dalam  bentuk digital,” katanya.

Sementara Itu, Ketua IGI Provinsi Banten Tubagus Saiful Bahri beraharap, di ulang tahun pertamanya maka manfaat yang di ambil dari IGI lebih banyak, selanjutnya pelatihan-pelatihan yang diberikan oleh IGI Kota Serang nantI juga bervariasi, tidak hanya mengangkat hal-hal yang sifatnya milenial tetapi juga mengangkat yang sifatnya tradisional.

“Kalau kita hanya mengangkat yang milenial, tradisonalnya akan tertinggal dan itu tentu akan hilang,” pungkasnya.(pikiran-rakyat.com)

Comments are closed.