ESDM Gelar Roadshow Festival Sadar Energi di Unpad

oleh -50 views
Universitas Padjadjaran (okezone.com)
Arrief Ramdhani
Universitas Padjadjaran.(okezone.com)
Universitas Padjadjaran.(okezone.com)

KEMENTERIAN Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) didukung SKK Migas, pelaku usaha migas dan komunitas Energi Kita menggelar Festival Sadar Energi di Bale Rumawat Universitas Padjadjaran (Unpad) Kampus Dipatiukur Bandung, Senin (16/6/2014).
Festival Sadar Energi merupakan kegiatan yang ditujukan untnuk mendorong masyarakat khususnya generais muda untuk lebih peduli akan pentingnya energi bagi kelangsungan hidup umat manusia.

Festival ini berlangsung sejak Mei hingga Juni 2014 yang dimulai dari Yogyakarta, Makassar, Bandung, dan akan terus bergulir ke kota-kota lain..

“Melalui kegiatan ini, kami ingin memberikan pembelajaran dan desiminasi informasi ke masyarakat terutama anak muda, pelajar mulai dari SD, SMP, hingga mahasiswa bahwa kita perlu menghemat energi,” ujar Wakil Menteri ESDM Susilo Siswoutomo saat memberikan kuliah umum di depan civitas akademika Unpad.

Susilo menambahkan, memang benar Indonesia diberikan anugerah oleh Tuhan berupa beragam energi yang banyak jenisnya. Kendati demikian, masyarakat Indonesia juga perlu menggunakannya dengan hemat.

“Selain itu, kami ingin memberikan pengetahuan tentang energi terbarukan. Festival Sadar Energi ini merupakan sebuah pendekatan yang diharapkan mampu memberikan informasi kondisi energi nasional kepada masyarakat, menyampaikan pengelolaan energi yang lebih baik melalui pesan sadar energi secara lebih dekat dan atraktif,” jelasnya.

Dalam festival ini masyarakat juga diajak untuk berperan aktif sebagai agen perubahan untuk kampanye sadar energi melalui Kompetisi Film Pendek Sadar Energi dan Kompetisi Ide Cerita Film Pendek. Kompetisi ini bersifat terbuka dan diikuti oleh pelajar SMP, SMA, Mahasiswa dan Umum.

Untuk itu, pada roadshow Festival Sadar Energi di Bandung ini dihadirkan juga Tonny Trimarsanto, sutradara dokumenter yang memberikan Film Making Workshop dan Ray Nayoan, Sutradara dan Pengisi film animasi Pulau Bintang.

Sebagai puncak kegiatan festival Sadar Energi ini adalah Perayaan dan Malam Anugerah Kompetisi Film Pendek Sadar Energi yang rencananya akan berlangsung di Taman Menteng Jakarta, Sabtu (19/7/2014) mendatang.(inilahkoran.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.