Eropa Harus Belajar Olimpiade Fisika ke Indonesia

oleh -3 views
Ilustrasi (sekolahnusantara.blogspot.com)
Arrief Ramdhani
Ilustrasi (sekolahnusantara.blogspot.com)
Ilustrasi (sekolahnusantara.blogspot.com)

SIAPA sangka, pelajar dan pengajar ilmu sains di Indonesia dihargai oleh orang-orang dari negeri seberang alias di Eropa. Setidaknya, hal tersebut pernah diungkapkan mereka di periode 2009-2010.
“Pada 2009-2010, kata orang Eropa yang membuat saya bangga adalah mereka berkata ‘sekarang ini negara-negara Eropa harus belajar ke Indonesia untuk membina olimpiade,” ungkap Pembina Tim Indonesia di Ajang APCYS 2013 Syailendra Harahap, di Jakarta, Rabu (12/6/2013).

Menurutnya, negara-negara Eropa harus banyak belajar dari Indonesia atas keberhasilannya mempersiapkan Olimpiade. “Jadi tanggung jawab kita (Indonesia) adalah untuk menunggu menang, apalagi untuk ajang di olimpiade selanjutnya di mata dunia,” imbuhnya.

Syailendra pun sedikit menceritakan keikutsertaannya dalam olimpiade, yakni mulai dari ikut kuis sampai melatih murid untuk mengembangkan ilmu sains dan fisika.

“Awalnya saya ikut kuis galileo di TV, kemudian ada olimpiade kita jadi percaya pada bidang fisika maupun sains lainnya untuk melatih guru sains dan matematika ke pelosok-pelosok untuk membangkitkan guru dan murid untuk mengembangkan ilmu fisika,” bebernya.

Diawali dari olimpiade fisika, di mana ada lomba peneliti yaitu lomba yang menggabungkan sisi sains dengan bisnis. Dia mengakui, lomba pada 2005 dirinya meraih enam medali emas dalam ajang IJSO di Indonesia dan dua emas dalam ajang IPhO di Spanyol.

Pada 2009 memborong enam medali emas dalam kompetisi International Conference of Young Scientists (ICYS) di Polandia. Selain itu Indonesia meraih satu medali emas dalam IZhO di Kazakhstan dan selama pertengahan 2013, Indonesia menyumbangkan tujuh medali emas dan masih tetap diperhatikan masih membangun jaringan yang luas.

Momentum tersebut lah yang kemudian membuatnya bangga karena bisa dipandang positif oleh negara-negara Eropa.(kampus.okezone.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.