ELC Cetak Entrepreneur Berkarakter

oleh -5 views
Kegiatan ELC.(inilahkoran.com)
Arrief Ramdhani
Kegiatan ELC.(inilahkoran.com)
Kegiatan ELC.(inilahkoran.com)

APA yang akan dilakukan mahasiswa setelah lulus? Mencari kerja, atau sebaliknya? Menciptakan lapangan kerja?

Pertanyaan ini coba dijawab melalui kegiatan Entrepreneur Leadership Camp (ELC) di Bumi Perkemahan Villa Kayu, Jalan Curug Panganten Desa Padaasih, Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, yang berlangsung dua hari beberapa waktu lalu.

banner 728x90

Ada sekitar 50 mahasiswa terlibat dalam kegiatan yang digelar UKM Ikatan Mahasiswa Al-Ikhlas Universitas Langlangbuana (Ikma Unla) bersama Balad Cahaya Foundation ini. Mereka yang terdiri dari sejumlah kampus seperti Unla, Unjani, Polban, Poltek Piksi Ganesha, serta LP3I.

Ketua Panitia ELC Darul Sandi menjelaskan, melalui kegiatan ini diharapkan peserta mencoba membuka paradigm baru, bahwa setelah lulus kuliah, mereka harus menjadi bagian dari solusi bangsa.

“Bukan sebaliknya, malah menambah beban karena jadi pengangguran. Konsep acara kita seperti kemping, berbaur dengan alam. Namun tema yag diusung adalah Entrepreneur dan Kepemimpinan,” ungkap Darul Sandi di sela-sela kegiatan.

Mahasiswa Teknik Elektro Unla ini mengungkapkan, acara tersebut sengaja dibatasi jumlah pesertanya karena ingin fokus membuat program lanjutan setelah acara selesai.

“Kegiatan kita bukan cuma untuk inspirasi saja, tetapi aksi nyata setelah kegiatan. Kita ingin membentuk komunitas mandiri, wirausahawan muda dan berkarakter pemimpin,” sebutnya.

Kegiatan ini diikuti pula komunitas mahasiswa seperti Lembaga Dakwah Kampus (LDK) dari beberapa perguruan tinggi. Targetnya, terbentuk juga jaringan usaha dan saudara di beberapa tempat. Setiap peserta pun ditargetkan bisa memiliki pemahaman komprehensif tentang urgensi wirausaha sejak kuliah.

Darul Sandi mengakui, saat ini, banyak pengangguran di level orang yang terdidik. Alumnus kegiatan ELC diharapkan bisa membuka lapangan pekerjaan, memanfaatkan media online, dan sejumlah peluang lain di tengah kehidupan kampus.

“Selain dimotivasi menjadi pengusaha yang memiliki integritas, para peserta juga diarahkan untuk menjadi yang terbaik dalam profesi masing-masing. Semangat kepemimpinannya ada, semangat wirausaha juga melekat,” ucap Darul.

Di tempat yang sama, Pembina Panitia ELC Dr Eki Baihaki berharap, tak hanya semangat wirausaha saja yang dihasilkan dalam kegiatan itu. Para peserta juga akan mendapatkan pencerahan dan inspirasi tentang profesi masing-masing.

Dia mengatakan, banyak pelajar maupun mahasiswa yang ternyata tidak memahami jurusan pendidikan yang sedang mereka geluti. Maka dari itu, kemampuan teknis selain akademis yang digeluti perlu dibarengi soft skill dan life skill.

“Kami ingin membangkitkan raksasa tidur yang ada dalam pribadi mereka. Sebenarnya, potensi besar itu ada, dan perlu momentum untuk membangkitkan semangat itu. Agar mereka bisa menjadi pribadi yang menginspirasi,” kata dosen Komunikasi Unla ini.(inilahkoran.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.