Ekskul Salah Satu Syarat Kelulusan dan Naik Kelas

oleh -12 views
Ilustrasi (berita.upi.edu)
Arrief Ramdhani
berita.upi.edu
berita.upi.edu

SETELAH melakukan serangkaian evaluasi dan kajian, pimpinan dan para guru SMP Negeri 22 Bandung mendapati, kegiatan ekstrakurikuler (ekskul) memberi banyak manfaat positif bagi para siswa.
Kepala SMP Negeri 22 Bandung, Ais Widaningrum SPd MMPd menjelaskan, pada satu titik dibuatlah kebijakan, para siswa wajib ikut kegiatan ekskul di sekolah. Mengikuti ekskul bahkan menjadi salah satu syarat kelulusan atau kenaikan kelas.

Sekolah sudah membuat aturan, semua siswa wajib ikut ekskul. Sekolah tidak mewajibkan memilih salah satu, tapi kita mempersilakan siswa memilih apa yang mereka minati. Tapi siswa tidak boleh pindah ekskul sebelum satu semester, karena nanti nilai di rapornya kita bingung, makanya harus diselesaikan dulu satu semester, katanya saat ditemui INILAHCOM di ruang kerjanya, Rabu (18/3).

banner 728x90

Sekolah di Jalan Supratman No 24 Kota Bandung ini, sekarang memiliki 12 ekskul. Namun masih ada sejumlah tantangan yang dihadapi sekolah terkait pengadaan fasilitas pendukung yang memadai.

Pihak sekolah baru dapat memberikan ruangan dan menyediakan sejumlah alat-alat berlatih. Meski begitu, ada beberapa kegiatan ekskul yang dilakukan di luar sekolah.

Selama ini ekskul basket, sepakbola, dan futsal masih berlatih di luar sekolah, karena memang kita tidak punya lapangan yang memadai untuk tiga kegiatan ekskul itu. Tapi kegiatan ekskul lainnya semua latihan dilakukan di sekolah, ujar Ais Widaningrum.

Tantangan lain yang dihadapi yaitu jumlah pelatih yang masih kurang. Saat ini ekskul basket, futsal, dan sepakbola, masing-masing hanya ada seorang pelatih. Sementara siswa yang memilih ketiga ekskul itu jumlah cukup banyak.

Ais Widaningrum menegaskan, peran orang tua dan lingkungan dalam mendukung siswa meraih prestasi dalam bidang ekskul maupun akademik, sangat penting. Jadi semua elemen pun wajib memberikan dukungan. Mengingat prestasi yang diraih para siswa bukan semata membanggakan diri siswa sendiri, tapi juga pihak sekolah dan orang tua siswa.(inilahkoran.com)