Cara Daftar dan Seleksi Pendidikan Calon Pegawai Muda BI

Jojon, S. Kom

Penulis : Jojon, S. Kom
Editor : Asop Ahmad

0

0

Ekonomi
1659529774482_1659529807

Bank Indonesia

SIAPBELAJAR.COM - Bank Indonesia (BI) menyosialisasikan rekrutmen pegawai baru jalur Pendidikan Calon Pegawai Muda (PCPM). Human Resources Assistant Director BI, Ari Febrianto menjelaskan, PCPM merupakan jalur seleksi yang serupa dengan Management Trainee (MT).

PCPM adalah jalur rekrutmen di Bank Indonesia yang tujuannya adalah kaderisasi pimpinan di Bank Indonesia.

"Jadi nanti kandidat yang mengikuti proses seleksi dan juga lolos sampai tahap terakhir, ini nanti akan mengikuti serangkaian program pengembangan," kata Ari dilansir dari Kompas.com, Rabu (3/8/2022).

Program PCPM dan jenjang karir Program pengembangan PCPM meliputi pengembangan di dalam bidang-bidang tugas Bank Indonesia, yang meliputi bidang moneter, sistem pembayaran, dan stabilitas sistem keuangan.

Peserta akan diberikan pemahaman terkait bidang tugas kebanksentralan. Hal lain yang juga menjadi daya tarik utama dari jalur PCPM adalah jenjang karier yang bisa dicapai. Sebab peserta PCPM memungkinkan untuk berkarier hingga level tertinggi di Bank Indonesia.

"Sebagai informasi, Bapak Gubernur Bank Indonesia itu juga merupakan lulusan PCPM Bank Indonesia," ungkap Ari.

Jalur seleksi PCPM

Dikutip dari situs BI, ada 2 (dua) jalur yang bisa diikuti untuk mendaftar PCPM, yaitu campus hiring dan open recruitment.

PCPM terbuka bagi kamu yang baru lulus atau sudah memiliki pengalaman kerja sepanjang masih memenuhi persyaratan yang ditetapkan.

1.    Rekrutmen campus hiring

Campus hiring adalah jalur rekrutmen Bank Indonesia untuk mendapatkan alumni terbaik di setiap perguruan tinggi yang telah bekerjasama dengan Bank Indonesia. Campus hiring dilakukan berkoordinasi dengan Career Development Center di masing-masing perguruan tinggi.

2.    Open recruitment

Open recruitment merupakan jalur pencarian kandidat yang dilakukan secara massal yang diumumkan melalui media cetak, media sosial, dan media lainnya.

Setiap mahasiswa yang sudah lulus dari perguruan tinggi manapun berkesempatan mengikuti seleksi melalui jalur open recruitment.

Tahap rekrutmen PCPM

Tahap rekrutmen PCPM akan dilakukan melalui 6 tahap seleksi sebagai berikut:

1.    Seleksi administratif;

2.    Tes potensi dasar dan Person Organization Fit (POF);

3.    Tes pengetahuan umum, kebanksentralan, dan bahasa Inggris (mirip tes toefl/ielts);

4.    Tes psikologi, tes LGD (leadership group discussion), dan wawancara psikologi;

5.    Tes kesehatan dan psikiatri;

6.    Seleksi wawancara akhir dengan Pejabat BI.

Tahapan seleksi ini akan dilakukan secara hybrid, sebagian online, dan sebagian yang lain offline.

Komentar (0)

komentar terkini

Berita Terkait

1659529774482_1659529807

Ekonomi

Cara Daftar dan Seleksi Pendidikan Calon Pegawai Muda BI

SIAPBELAJAR.COM - Bank Indonesia (BI) menyosialisasikan rekrutmen pegawai baru jalur Pendidikan Calon Pegawai Muda (PCPM). Human Resources Assistant Director BI, Ari Febrianto menjelaskan, PCPM merupa
1659323373915_1659323477

Ekonomi

Usaha Pemerintah Memajukan UMKM di Era Digital

SIAPBELAJAR.COM - Dalam rangka mendukung pemanfaatan teknologi digital untuk proses pemasaran produk dalam negeri, Pemerintah Indonesia menggelar Kampanye Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Ger
1659269509550_1659269543

Saintek

Motor Hantu dan Kompresor Tanpa Suara Tampil di Pembukaan Gernas

SIAPBELAJAR.COM - Layaknya ponsel, kunci kontak kendaraan adalah salah satu barang yang hampir selalu dibawa ke mana pun kita pergi. Namun karena ukurannya yang relatif kecil, terkadang “kehilangan
1658267148618_1658267174

Ekonomi

Bank Indonesia Berencana Terbitkan Uang Digital

SIAPBELAJAR.COM - Bank Indonesia (BI) berencana menerbitkan mata uang rupiah digital bank sentral atau Central Bank Digital Currency (CBDC). Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Doni Primanto Joewono m
1657925934086_1657925969

Belajar

SEAQIL luncurkan Standar Kompetensi Pengajar BIPA

SIAPBELAJAR.COM - SEAMEO QITEP in Language (SEAQIL) meluncurkan Standar Kompetensi Pengajar (SKP) Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) secara daring pada Rabu, 13 Juli 2022. SKP BIPA menjadi upa