EcoFamily, Mengajak Anak Jauhi Mal

oleh -3 views
Ilustrasi
Arrief Ramdhani
Ilustrasi
Ilustrasi

SEJUMLAH alumni magister psikologi Universitas Indonesia menggelar program EcoFamily untuk memberikan alternatif kegiatan akhir pekan bagi keluarga perkotaan dengan cara beraktivitas di alam terbuka.

“Menciptakan kebersamaan keluarga berkualitas dengan bermain di alam terbuka, merupakan cara yang disarankan oleh para ahli karena banyak manfaatnya,”kata salah satu penyelenggara EcoFamily Wina Suntowangi, Sabtu (20/9).

Berkegiatan di alam terbuka, ujarnya, berdampak positif bagi perkembangan anak. Di antaranya  dapat meningkatkan konsentrasi dan disiplin diri. Serta meningkatkan kemampuan motorik, yaitu koordinasi, keseimbangan, dan ketangkasan.

“Selain itu, bermain bersama anak membantu orang tua untuk memahami keinginan, kemampuan dan perkembangan anak.  Perilaku spontan alamiah akan muncul, misalnya tertawa bersama-sama, kesal bersama karena suatu keadaan atau  berangkulan,” cetus Wina.

EcoFamily turut mendukung upaya pemanfaatan taman kota yang merupakan area alam terbuka yang relatif mudah diakses oleh warga kota Jakarta. Program pertama EcoFamily diadakan di Taman Tanjung tergabung dalam kegiatan HiddenPark, suatu kampanye publik pengaktifan taman kota oleh LeafPlus, sebuah konsultan komunikasi lingkungan.

EcoFamily menyelenggarakan aktivitas-aktivitas bagi keluarga seperti kegiatan bersama bagi orang tua dan anak yang dilengkapi dengan dialog parenting.  Pengalaman keluarga saat berkegiatan bersama akan jadi bahan pembahasan saat dialog parenting.

Dialog parenting di alam terbuka menjadi hal yang khas yang disajikan oleh program EcoFamily, untuk memberikan motivasi pada orang tua untuk semakin memanfaatkan alam terbuka bagi perkembangan anak yang sehat. Ada pula kegiatan Keluarga Berburu Harta Karun serta Fashion Show Baju Koran.

“Program EcoFamily akan diselenggarakan kembali pada tahun 2015, dengan tema besar Membangun Kebersamaan Keluarga di Alam Terbuka untuk Mengasah Kecerdasan Anak di beberapa taman kota di Jakarta,” ulas Wina.(republika.co.id)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.