Dunia Pendidikan Dihadapkan pada Fenomena Learning Loss

oleh -91 views
Ilustrasi

Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah Kementerian Agama, Moh Zain, mengatakan, pandemi Covid 19 telah berdampak pada semua sektor kehidupan, termasuk pendidikan. Pembelajaran berlangsung secara jarak jauh dalam satu tahun terakhir. Hal ini menuntut para guru untuk terus berinovasi.

Dunia pendidikan, kata M Zain, tengah dihadapkan pada fenomena Learning Loss, yaitu suatu keadaan peserta didik malas belajar dan cenderung melupakan sekolahnya. Mereka mengalami zoom vertigo atau kelelahan mengikuti zoom, dan ini belakangan menjadi gejala umum. Angka putus sekolah juga meningkat akibat pandemi Covid 19.

PERKEMBANGAN VIRUS CORONA

Berita Selengkapnya

“Oleh karenanya, para guru dan tenaga kependidikan harus meningkatkan kapasitas dan kompetensi dirinya. Sebab, kita memasuki situasi yang sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Para guru harus mengubah mindsetnya agar tidak tergagap-gagap menghadapi situasi new normal ini,” paparnya.

Untuk itu, Kementerian Agama tengah menyiapkan para guru untuk menjadi pelopor inovasi. Salah satunya melalui pelatihan “Pengembangan Kapasitas Diri Pendidik dan Tenaga Kependidikan Berprestasi” yang digelar akhir April kemarin.

M Zain berharap kegiatan ini dapat memberikan tambahan pengembangan diri bagi para guru. Apalagi, menghadapi kebijakan pembelajaran tatap muka, perlu segera dilakukan persiapan. Guru harus memiliki kemampuan untuk melakukan blended learning atau mengombinasikan pembelajaran tatap muka dan daring.

“Guru harus dapat memanfaatkan media digital, dan juga membuat konten pembelajaran yang inovatif,” tutupnya.