Dosen Vokasi Wajib Memiliki Keterampilan Terapan

Monday 26 December 2016 , 5:51 AM
Ilustrasi.foto : ITS

Ilustrasi.foto : ITS

PEMERINTAH  melalui Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) tengah meningkatkan mutu pendidikan vokasi dengan cara merevitalisasi 12 politeknik pada 2017. Dalam hal ini kualitas dosen juga harus ditingkatkan, terutama bagi mereka yang belum menyandang gelar master.

Dirjen Sumber Daya Iptek Dikti Kemristekdikti, Ali Ghufron Mukti, mengatakan kemampuan dosen di pendidikan vokasi harus ditingkatkan, baik dalam kompetensi maupun kualifikasi. Selain bisa mengajar, mereka juga wajib menguasai keterampilan terapan.

“Jangan sampai dosen mengajar keguruan automotif hanya menguasai akademis, tetapi kurang bisa mengajar profesi atau terapan. Ini berakibat mereka bisa mengajar dengan baik, tetapi sebenarnya tidak mengerti automotif,” ujarnya saat ditemui di FX Sudirman, Jakarta, belum lama ini.

Ghufron menyebut bahwa hal itu juga berlaku bagi dosen di lembaga pendidikan tenaga kependidikan (LPTK) sebagai pencetak guru. Sehingga ke depan para guru lulusan LPTK tak hanya cakap mengajar, tetapi memang ahli di bidang tersebut.

“Jadi tak hanya delivery materinya, tetapi punya pengetahuan dan kompetensi di bidang tersebut,” ucapnya.

Ia menambahkan, peningkatan mutu dosen dilakukan salah satunya dengan meng-upgrade lulusan dosen S-1 menjadi S-2. “Dosen yang mendidik calon guru di LPTK harus S-2. Sekarang masih banyak dosen mengajar, tetapi masih S-1,” tukasnya.(news.okezone.com)

Comments are closed.