Dosen Praktik Mengajar ke Sekolah

oleh -7 views
Sdn.Wangunreja
Arrief Ramdhani
Ilustrasi
Ilustrasi

USAID PRIORITAS Banten menyelenggarakan pelatihan modul 2 tingkat SMP/MTs bagi 60 dosen ilmu pendidikan dari 6 perguruan tinggi di Banten. Keenamnya adalah Untirta, IAIN “SMH”, Unma, Unbaja, UMT, dan STKIP Setiabudi. Pelatihan itu berlangsung selama 3 hari di Hotel Soll Marina, Serpong. Pada hari terakhir, para peserta mengikuti sesi praktik ajar di SMPN 16 dan SMPN 20 serta MTs Ar-Rahmaniyyah dan MTs An-Nasihin.

Drs Joko Budi Santoso MPd, wakil kepala SMPN 16, salah satu sekolah tempat praktik ajar bagi para dosen ini mengatakan, “Praktik ajar ini bagus sekali. Sebab, bukan hanya guru, para dosen ilmu pendidikan pun harus bisa membuat dan merangsang anak mengamati, menanya, menggali informasi, menganalisis, dan mengomunikasikan topik pembelajaran yang diberikan.

” Kurikulum 2013 memang menggunakan pendekatan saintifik dalam pembelajaran di kelas. Pendekatan ini membuat guru harus lebih pandai berinteraksi dengan siswa. Hal ini mungkin tidak mudah bagi sebagian guru, namun kesulitan itu layak ditempuh. Contohnya, kata dia, upaya SMPN 16 saat menerapkan pembelajaran kontekstual sesuai arahan kurikulum 2013 pada tahun ajaran 2014-2015. “Baru tiga minggu berjalan, saya melihat penurunan tingkat stres pada anak-anak. Indikasinya? Ekspresi muka mereka di kelas lebih cerah dan interaksi mereka aktif sekali,” tuturnya.

USAID PRIORITAS Banten kembali mengadakan pelatihan untuk pembelajaran tingkat SD/MI bagi para dosen perguruan tinggi yang sama pada 6-9 September 2014.(prioritaspendidikan.org)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.