Dosen Harus Jalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi

oleh -1 views
Ilustrasi. (Foto: Okezone)
Arrief Ramdhani
Ilustrasi. (Foto: Okezone)
Ilustrasi. (Foto: Okezone)

REKTOR Universitas Budi Luhur (UBL) Suryo Hapsoro Tri Utomo menyebut, perguruan tinggi memiliki sejumlah fungsi. Mulai dari mendidik para calon pemimpin bangsa hingga melakukan gerakan perubahan saat terjadi krisis.
“Saya ingin mengingatkan kembali mengenai beberapa fungsi perguruan tinggi, yakni untuk memberikan pengajaran dan arah, melayani civitas academica kampus maupun masyarakat dan negara, serta fungsi discover,” ujar Hapsoro dalam seminar “Peran Strategis Asosisasi Dosen Indonesia (ADI) dalam Membangun Kompetensi Dosen” di Balai Kota, Jakarta Pusat, tadi malam.

Selain itu, sebagai sebuah wadah untuk menampung daya kreativitas dan inovasi generasi penerus, fungsi lain yang juga harus dijalankan adalah masalah publikasi. Banyaknya penemuan yang digagas oleh civitas academica pun hanya menjadi milik pribadi kampus.

“Perguruan tinggi harus berfungsi sebagai tempat untuk mempublikasi sebuah penemuan. Sebab, setiap harus disosialisasikan bukan hanya disimpan sendiri,” ungkapnya.

Dia menambahkan, fungsi perguruan tinggi lainnya, yakni penyampai kebenaran, menjangkau daerah tak terjamah, dan terakhir kampus menjadi tempat melakukan perubahan benteng terakhir ketika ada krisis. Tidak hanya mengingatkan kembali akan fungsi sebuah perguruan tinggi, di hadapan para dosen tersebut Hapsoro juga menyinggung tentang Tri Dharma perguruan tinggi.

Menurut Hapsoro, para dosen harus selalu menjunjung tinggi Tri Dharma perguruan tinggi, yang meliputi pendidikan, penelitian, dan pengabdian terhadap masyarakat.

“Pendidikan yang dimiliki para dosen menjadi sumber ilmu untuk melakukan penelitian dan kemudian diaplikasikan terhadap masyarakat. Sebab, berbagai penelitian yang dihasilkan baik jurnal maupun buku ujungnya dapat meningkatkan karier dan kesejahteraan dosen,” imbuh Hapsoro.(kampus.okezone.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.