Dorong Minat Baca, Usaid Prioritas Sumbang Buku Ke Sekolah

Thursday 04 December 2014 , 12:37 PM
Sekolah, disdik dan kemenag menyeleksi buku di Aceh Jaya.(prioritaspendidikan.org)

Sekolah, disdik dan kemenag menyeleksi buku di Aceh Jaya.(prioritaspendidikan.org)

MINAT baca masyarakat In­donesia diakui masih sangat rendah. Sesuai dengan data dari Unesco baru 1 orang dari 1000 orang yang memiliki mi­nat baca serius. Butuh dorongan dari ber­bagai pi­hak untuk me­ning­katkan minat baca ma­sya­ra­kat termasuk siswa si sekolah.

Untuk mendorong minat baca ter­sebut, Usaid Prioritas membagikan ribuan buku ke sekolah-sekolah di Jawa Ba­rat.
Untuk tahap awal ada tiga daerah yang sudah menerima sumbangan bu­ku antara lain, Kabupaten Ban­dung Barat, Cimahi dan Ciamis.
Jumlah buku yang diberi­kan untuk tiga daerah tidak kurang dari 4.000 eksemplar untuk masing-masing dae­rah.
“Untuk Kabupaten Tasik­malaya masih belum, tetapi ketika pelatihan kurikulum pendidikan 2013 masuk ta­hap modul dua. Khusus un­tuk me­ningkatkan minat b­aca ada beberapa buku yang akan kita bagikan ke sekolah,” kata Koordinator Usaid Pri­o­­ritas Kabupaten Tasik­malaya, Feri Apriadi kema­rin.

Kata dia, minat baca siswa di sekolah perlu digenjot dan ditingkatkan. Hal itu bisa terlaksana dengan adanya ba­han bacaan yang banyak di s­ekolah. Pembagian buku bacaan menjadi penting untuk mendorong minat baca anak di sekolah-sekolah.
“Mudah-mudahan setelah pelatihan modul dua nanti, Kabupaten Ta­sikmalaya juga akan menerima sumbangan buku dari Usaid Prioritas, te­tapi untuk saat ini masih belum,” ucapnya.

Koordinator Usaid Prio­ritas Jawa Barat, Erna Irna­wa­ti mengatakan, pening­katan literasi merupakan sa­lah satu sasaran program Usa­id Prioritas, sehingga mi­nat baca siswa di daerah bisa meningkat.
“Kami mencoba membantu sekolah menumbuhkan bu­daya-baca dengan berbagai pendekatan,” kata Erna.
Langkah itu tegas dia, dilakukan dengan mendorong minat baca di kalangan guru dan siswa, tatakelola lingkungan sekolah yang kondusif untuk membaca, menyiapkan sudut-baca dan ruang perpustakaan sekolah, dan pelibatan peran serta orangtua siswa dan masyarakat lu­as.
Selain itu, UsaId Prioritas juga me­nyelenggarakan EG­RA (Early Grade Reading As­ses­sment) untuk meng­ukur kemampuan membaca seka­ligus mendorong gairah mem­baca di kalangan siswa kelas awal.(kabar-priangan.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published.