Dompet Duafa Jabar Luncurkan Program Sekolah untuk Semua

oleh -2 views
Ilustrasi : https://sdnuranggantung02.wordpress.com
Arrief Ramdhani
Ilustrasi : https://sdnuranggantung02.wordpress.com
Ilustrasi : https://sdnuranggantung02.wordpress.com

DOMPET Duafa (DD) Jabar dan Sinergi Foundation meluncurkan program “Sekolah Untuk Semua” (SUS) agar tidak ada siswa yang drop out. Pada tahun 2012 lalu Unicef meliris laporan tahunan masih 2,3 juta anak usia 7-15 di negeri ini tidak bersekolah.

“Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Jawa Barat merupakan kantong banyak anak yang tak sekolah,” kata Direksi Sinergi Foundation, Hendi Suhendi, Sabtu (12/7).

Pendidikan adalah hak setiap insan sehingga dengannya generasi kita bisa menyemai harapan. “Menuntut ilmu, meretas hari depan yang lebih baik.Orang tua mana yang tak ingin anaknya mendapat pendidikan yang layak?” Katanya.

Anak-anak putus sekolah sebagian besar di daerah pelosok Jawa Barat bagian selatan. “Demi menjemput ilmu di bangku sekolah, anak-anak di desa Mekar Wangi, Cibalong, Garut. harus berjibaku dengan sarana dan prasarana yang serba terbatas. Jalan setapak penuh bebatuan, ditempuh dengan berjalan kaki, tanpa alas kaki,” katanya.

Belum lagi ketiadaan jembatan penghubung antar kampung, memaksa mereka menantang maut, menyeberangi sungai Cibaluk yang cukup lebar, dengan arus yang begitu deras, untuk sampai tujuan.

“Bayangkan saat siang atau sore hari, mereka harus pulang dengan rute yang sama. Kembali menantang maut, lantaran banjir bandang bisa saja setiap saat menerjang,” ujarnya.

Alas kaki, begitu berarti bagi anak-anak di wilayah tadi. “Sepatu adalah hal kecil bagi yang berpunya, tapi bermakna besar bagi mereka yang serba tak ada. Demikian pula dengan buku pelajaran yang juga serba kekurangan,” katanya.(pikiran-rakyat.com)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.