Disdik Sukabumi Jamin Soal UN SD tak Bocor

oleh -6 views
Ilustrasi
Arrief Ramdhani
Ilustrasi
Ilustrasi

DINAS Pendidikan dan Kebudayaan (Disdik) Kota Sukabumi menjamin soal ujian nasional (UN) tingkat sekolah dasar (SD) tidak bocor. Sebab proses pendistribusian soal UN mendapatkan pengawasan ketat dari sejumlah pihak khususnya polisi dan Satpol PP.

“Kami menjamin soal UN tidak akan mengalami kebocoran,” terang Kepala Disdik Kota Sukabumi Dudi Fathul Jawad kepada wartawan, Ahad (17/5).

banner 728x90

Pelaksanaan UN tingkat SD akan dimulai pada Senin (18/5) hingga Rabu (20/5) mendatang.

Untuk mecegah kebocoran, kata dia, pada saat pendistribusian dan penyimpanan berkas soal dilakukan penjagaan oleh polisi, Satpol PP hingga pengawas. Sehingga kecil kemungkinan untuk terjadinya kebocoran soal UN.

Saat ini kata Dudi berkas soal UN sudah tiba di Kantor Disdik Kota Sukabumi. Rencananya, berkas soal akan diambil unit pelaksana teknis (UPT) pada Senin pagi. Selepas itu setiap sekolah akan mengambilnya ke setiap UPT.Data Disdik Sukabumi menyebutkan ada sekitar 5.000 pelajar yang mengikuti UN SD pada 2015 ini.

Diharapkan pada pelaksanaanya nanti semua siswa tersebut dapat hadir dalam penyelenggaran UN.

Menurut Dudi, setiap sekolah telah diberikan arahan untuk mengantisipasi terjadinya permasalahan dalam penyelenggaraan UN. Misalnya masalah tertukarnya materi soal UN yang harus bisa diatasi dengan cepat agar tidak mengganggu kenyamanan peserta ujian. (republika.co.id)