Disdik Kota Bekasi Kurangi Rombongan Belajar Sekolah Negeri

oleh -5 views
Ilustrasi PPDB
Arrief Ramdhani
Ilustrasi PPDB
Ilustrasi PPDB

DINAS Pendidikan Kota Bekasi menargetkan rasio siswa sekolah negeri dan sekolah swasta bisa seimbang pada tahun 2016. Penyeimbangan rasio siswa sekolah negeri dan swasta ini merupakan upaya menghapuskan dikotomi yang selama ini terjadi.

Kepala Disdik Kota Bekasi Encu Hermana mengatakan, upaya menyeimbangkan rasio siswa itu dilaksanakan dengan mengurangi jumlah rombongan belajar di sekolah negeri secara bertahap.

banner 728x90

“Tahun ajaran baru nanti, di sekolah negeri maksimal hanya membuka sembilan rombongan belajar untuk siswa baru,” kata Encu, Minggu (11/5/2014).

Hal tersebut dimungkinkan karena tahun ini, Disdik Kota Bekasi akan kembali memberlakukan sistem penerimaan siswa baru secara “online” seratus persen.

Seperti diketahui, sebelum pemberlakuan sistem penerimaan siswa baru secara “online” seratus persen, sejumlah jalur khusus yang juga dibuka, seperti bina lingkungan dan bina prestasi kerap mengakibatkan jumlah rombongan belajar membengkak.

Di satu sisi, pembengkakan jumlah siswa sekolah negeri ini membuat besar subsidi yang diberikan pemerintah turut membesar. Sementara di sisi lain, banyak sekolah swasta yang tak mendapat siswa karena terserap di sekolah negeri.

“Dikotomi sekolah negeri dan swasta ini akan dihilangkan. Pemberian subsidi untuk siswa di sekolah swasta juga pengurangan rombongan belajar di sekolah negeri merupakan upaya kami mewujudkannya,” katanya.

Pemkot Bekasi telah memberikan subsidi untuk siswa di sekolah swasta. Untuk tingkat SD, besar subsidi Rp 10.000 per siswa per bulan, SMP Rp 15.000, dan SMA Rp 25.000.

“Ke depan, pendidikan menengah akan berlaku universal tanpa adanya dikotomi,” ucapnya.(pikiran-rakyat.com)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.